Ini Kegunaan Pemeriksaan Hormon Tiroksin

Pemeriksaan hormon tiroksin berguna di dalam memeriksa fungsi kelenjar tiroid, apakah bekerja dengan baik atau malah bermasalah.

Kelenjar tiroid akan menghasilkan hormon tiroid. Sementara itu, hormon tiroid terdiri dari 80% hormon tiroksin dan 20% hormon triiodotironin.

hormone thyroxine_compress

Mengetahui Kondisi Kelenjar Tiroid

Bagi orang dewasa, hormon tiroid diperlukan untuk mengatur kebutuhan penggunaan energi masuk yang berpengaruh dengan metabolisme tubuh. Pada anak-anak, hormon tiroid berperan penting dalam mengiringi tumbuh-kembangnya secara normal. Sementara itu, fungsi hormon tiroksin dan triiodotironin juga turut mendukung perkembangan otak bayi baru lahir.

Pemeriksaan hormon tiroksin dapat membantu dokter di dalam menentukan kondisi kelenjar tiroid Anda. Kelebihan atau kekurangan hormon tiroid berisiko menyebabkan kondisi hipertiroidisme atau hipotioroidisme atau kondisi lain yang dapat mengganggu fungsi tubuh. Selain itu, pemeriksaan hormon tiroksin juga berfungsi untuk melihat efektivitas pengobatan terhadap penyakit tiroid serta untuk memeriksa apakah bayi memiliki masalah tiroid kongenital yang dapat memengaruhi pertumbuhannya.

Prosedur pemeriksaan hormon tiroksin (T4) tergolong tidak memiliki risiko yang spesifik. Risiko muncul ketika prosedur pengambilan darah dilaksanakan. Anda mungkin akan mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan saat prosedur pengambilan darah. Bisa juga merasakan memar dan berdarah usai jarum pengumpul darah ditarik.

Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda bisa mengalami komplikasi serius berupa pendarahan yang berlebihan, infeksi, atau peradangan pembuluh vena.

Langkah-langkah Pemeriksaan

Ada dua jenis pemeriksaan hormon tiroksin yaitu pemeriksaan kadar T4 total dan kadar T4 bebas. Pemeriksaan T4 total mengukur keseluruhan hormon tiroksin, baik yang telah berikatan dengan protein di dalam darah maupun T4 yang bebas. Sementara itu, pemeriksaan T4 bebas hanya mengukur kadar hormon tiroksin bebas saja.

Langkah persiapan untuk pemeriksaan hormon tiroksin adalah memberitahu dokter mengenai pengobatan yang sedang dijalani. Sejumlah obat dapat memengaruhi tingkat hormon tiroksin di dalam kelenjar tiroid. Jadi, penting untuk memberitahukan kepada dokter mengenai obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

Anda bisa saja dianjurkan untuk menghentikan konsumsi obat-obatan tertentu untuk sementara waktu. Beberapa pengobatan yang dapat memengaruhi tingkat hormon tiroksin, yaitu:

  • Obat-obatan yang mengandung hormon estrogen, androgen atau pil kontrasepsi.
  • Beberapa obat yang dikonsumsi untuk menangani penyakit kanker.
  • Steroid dan obat-obatan lain yang bisa memengaruhi tiroid.

Prosedur pemeriksaan hormon tiroksin wajib dilaksanakan oleh dokter atau tenaga kesehatan yang profesional. Dokter akan mengawali pengambilan darah yang dimasukkan ke dalam tabung atau botol kecil khusus, untuk kemudian dibawa ke laboratorium dan diperiksa.

Hasil kadar hormon tiroksin yang normal di dalam darah memiliki rentang sebesar 4,5-11,2 mikrogram per desiliter. Kadar hormon tiroksin yang tinggi bisa menandakan kondisi hipertiroidisme, tiroiditis, kadar protein dalam darah yang tinggi dan lain-lain. Sementara itu, kadar hormon tiroksin yang rendah dapat menandakan hipotiroidisme, malnutrisi atau penyakit lainnya.

Lakukan pemeriksaan kadar hormon tiroksin sesuai dengan saran dokter. Jika dokter belum dapat menyimpulkan kondisi Anda dari hasil tersebut, kemungkinan dokter akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.