Ini Makanan Sumber Protein Hewani yang Harus Anda Ketahui

Otot, organ tubuh, dan sistem kekebalan tubuh Anda sebagian besar terdiri dari protein. Protein dapat membangun, memelihara, dan mengganti jaringan tubuh. Terdapat dua jenis protein, yakni protein hewani dan nabati. Protein hewani cenderung lebih mudah kita temukan, karena beberapa sumber protein hewani kerap kita konsumsi setiap hari, seperti ikan, daging, boga bahari (seafood), telur, susu, yogurt, dan lain sebagainya.

Tidak diragukan lagi, bahwa protein itu baik untuk Anda. Bahkan, protein dapat menurunkan berat badan Anda, lho. Tapi Anda harus mengetahui jumlah dan jenis protein yang tepat untuk dikonsumsi.

animal protein

Daftar Makanan Sumber Protein Hewani

Protein juga merupakan salah satu dari tiga nutrisi yang memberi energi. Mendapatkan jumlah protein yang tepat untuk diri Anda, penting untuk sistem kekebalan tubuh, saraf, dan keseimbangan cairan.

Umumnya, anak-anak memerlukan asupan gizi dengan kandungan protein tinggi untuk menunjang tumbuh kembang yang baik. Pada orang dewasa, kaum wanita membutuhkan asupan protein lebih sedikit dibandingkan kaum pria. Kaum wanita membutuhkan sekitar 46 gram protein dan 56 gram protein untuk kaum pria per harinya. Namun, tidak setiap orang membutuhkan protein dengan kadar yang sama. Pada penderita penyakit-penyakit tertentu seperti gagal ginjal, diabetes, malanutrisi (kurang gizi),  kanker atau pasca pengobatan kemoterapi, kebutuhan protein mungkin akan berbeda dengan orang yang sehat.

Protein hewani seperti daging dan susu disebut protein lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial. Sedangkan, sebagian protein nabati dianggap tidak lengkap karena kekurangan satu atau lebih kandungan asam amino esensial. Asam amino merupakan senyawa biokimiawi yang diperlukan bagi tubuh untuk pembentukan jaringan tubuh seperti otot, tulang, darah, rambut, dan sel sel tubuh lainnya. Di dalam lambung, protein akan dicerna menjadi asam amino yang berfungsi sebagai bahan utama untuk pembentukan sel dan jaringan tubuh. Karena itu, baik protein hewani maupun nabati, memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh Anda.

Beberapa sumber protein hewani yang dapat Anda konsumsi, di antaranya:

  • Susu, keju, dan yogurt Susu, keju, dan yogurt merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, ketiganya ternyata juga mengandung kalsium yang bermanfaat dan beberapa produk tersebut ada yang diperkaya dengan kandungan vitamin D yang banyak. Pilihlah susu skim atau rendah lemak untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat, dan membantu mencegah terjadinya osteoporosis.
  • Telur Sama dengan susu, telur mengandung protein yang tinggi. Selain murah dan lezat sebutir telur hanya memiliki 75 kalori, namun mengandung 7 gram protein berkualitas tinggi, 5 gram lemak, dan 1,6 gram lemak jenuh, bersama dengan zat besi, vitamin, mineral, dan karotenoid. Alasan lain yang baik untuk makan telur adalah telur memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan otak dan tentunya dapat membantu membuat Anda merasa kenyang.
  • Ikan dan boga bahari (Seafood). Makanan laut atau boga bahari adalah sumber protein yang sangat baik karena biasanya rendah lemak. Ikan adalah salah satu protein yang baik untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Anda disarankan untuk makan satu irisan atau sekitar 3 sampai 6 ons ikan setiap minggunya. Beberapa jenis ikan yang baik untuk dimakan dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, yakni salmon dan tuna. Ikan seperti salmon, memiliki kandungan lemak yang sedikit lebih tinggi. Namun, salmon baik untuk kesehatan jantung Anda, karena mengandung asam lemak omega-3. Sedangkan ikan tuna, juga mengandung vitamin B12,  juga vitamin D, selenium, dan niacin (vitamin B3) yang baik untuk Anda. Ikan  laut lain seperti kerapu, kakap merah, tongkol dan bawal juga baik bagi kesehatan. Pastikan cara pengolahannya baik dan matang, karena tidak semua makanan laut dapat dinikmati mentah seperti pada masakan tertentu.
Adapun protein nabati yang dapat menjadi pilihan Anda seperti kacang hijau, kacang-kacangan, tahu, tempe, kacang edamame, biji wijen, biji bunga matahari, brokoli, jagung, kentang, asparagus, alpukat, dan masih banyak lainnya.

Dengan mengetahui sumber protein hewani, Anda dapat memilih dan mengganti menu setiap harinya. Pastikan juga Anda tidak terlalu berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Makanan yang sehat adalah makanan dengan gizi seimbang. Jadi ingat, meskipun protein baik bagi kesehatan Anda asupan nutrisi lain juga tidak kalah penting. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter spesialis gizi untuk merencanakan diet yang baik bagi kesehatan yang optimal.