Ini Manfaat Terapi Air Hangat yang Perlu Anda Ketahui

Terapi air sudah lama dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kondisi kronis yang disebabkan oleh penyakit saraf. Karena air membantu menghilangkan efek gravitasi, mengurangi rasa sakit, dan menurunkan tekanan pada otot dan persendian. Terapi air hangat sendiri memiliki fungsi yang hampir sama, selain juga bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Hidroterapi atau terapi air adalah pemanfaatan air untuk memelihara kesehatan, bahkan untuk mengobati penyakit. Terapi air sendiri secara luas digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi rasa nyeri, dan menghasilkan efek yang berbeda pada berbagai sistem tubuh, tergantung pada suhu air yang digunakan.

  • Terapi air sendiri dipercaya sangat baik untuk tubuh karena air memiliki sifat yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, seperti:
  • Air dapat menyimpan dan membawa panas dan energi.
  • Air dapat melarutkan zat-zat seperti mineral dan garam.
  • Air tidak menyebabkan iritasi meski Anda sensitif terhadap lingkungan di sekitar.
  • Air ditemukan dalam berbagai bentuk. Selain terapi air hangat, air juga bisa dimanfaatkan dalam bentuk es untuk mendinginkan, atau dalam bentuk uap untuk membantu pernapasan.
  • Air dapat membantu melancarkan aliran darah.
  • Air memiliki efek menenangkan.
Terapi air hangat adalah salah satu bentuk terapi air alternatif yang digunakan sejak lama. Dipercaya terapi air hangat bekerja dengan baik untuk kondisi yang terkait dengan otot dan persendian, termasuk fibromyalgia, arthritis, dan nyeri punggung.

Selain berbagai manfaat terapi air hangat yang sudah dijelaskan di atas, prosedur ini juga memberikan topangan pada anggota badan yang sakit, serta meringankan pembengkakan dan peradangan. Untuk mendapatkan manfaat terapi air hangat secara maksimal, disarankan berendam setidaknya selama 20 menit. Namun untuk menghindari dehidrasi, dianjurkan untuk minum air sebelum dan sesudah melakukan terapi air hangat.

Tips Menjalani Terapi Air Hangat

Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda ketahui mengenai terapi air hangat:

Suhu yang tepat Prosedur terapi air hangat disarankan pada suhu 33-37 derajat Celcius. Suhu di atas 40 derajat Celcius dianggap memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh dan dapat membahayakan. Dan apabila Anda memiliki masalah kardiovaskular, air yang terlalu panas bisa memberikan tekanan tambahan pada jantung.

Bergerak lebih baik Air hangat bagus untuk bersantai tetapi juga bagus untuk bergerak, karena dapat merangsang aliran darah menuju ke otot-otot dan sendi yang kaku. Usahakan untuk tetap bergerak pada waktu berendam. Kolam air hangat adalah tempat yang ideal untuk melakukan peregangan dan meringankan sakit punggung bawah.

Membantu kesehatan tulang dan jantung Bagi mereka yang tidak cukup mendapatkan asupan magnesium, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang dan jantung, Anda bisa menambahkan kristal magnesium sulfat pada terapi air hangat. Cara ini dapat meningkatkan kadar magnesium sebanyak 35 persen. Bagi penderita diabetes harus berhati-hati, karena kadar magnesium yang terlalu tinggi dapat merangsang pelepasan insulin. Konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan mineral apa pun ke dalam air hangat.

Kolam air hangat Berendam pada kolam air hangat lebih baik dari sekadar berendam di kamar mandi karena dapat memberikan ruang lebih bagi Anda bergerak. Hal tersebut dapat mengurangi rasa sakit dan kaku pada kondisi arthritis dan fibromyalgia. Mereka dengan artritis yang berendam dan melakukan olahraga ringan dalam kolam air hangat dua atau tiga kali seminggu, rasa sakitnya akan menurun hingga 40 persen dan fungsi fisik mereka akan meningkat. Terapi air hangat ini juga memberi dorongan emosional, membantu tidur menjadi lebih baik, dan efektif untuk mereka yang menderita obesitas.

Selalu berkonsultasi dengan dokter jika ingin menjalankan prosedur alternatif seperti terapi air hangat ini, terutama apabila digabungkan dengan pengobatan medis.