Ini Manfaat Vitamin C untuk Kulit Anda

Sebagian wanita sangat peduli dengan kesehatan pada kulitnya, karena kulit merupakan organ terbesar dari tubuh. Salah satu cara untuk merawat kulit adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Beberapa manfaat vitamin C untuk kulit Anda adalah membantu produksi kolagen agar kulit Anda tetap sehat, menangkis dan mengurangi tanda-tanda penuaan, serta kekeringan pada kulit.

Vitamin merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang secara normal. Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda bisa mengonsumsi vitamin C, D, E, dan K. Keempat vitamin tersebut sangat baik untuk kulit Anda. Namun, manfaat vitamin C untuk kulit lebih dikenal dibanding ketiga vitamin lainnya. Hal itu membuat banyak iklan di televisi menawarkan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Lalu, apa saja manfaat vitamin C untuk kulit Anda?

vitamin c for skin

Vitamin C untuk Kulit

Kulit dapat melindungi kita dari mikroba dan unsur lainnya, membantu mengatur suhu tubuh, dan memungkinkan merasakan sensasi sentuhan, panas, dan dingin. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C yang dikonsumsi secara oral dari makanan maupun suplemen dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, karena vitamin ini adalah salah satu bentuk antioksidan. Antioksidan sangat penting bagi tubuh Anda, karena bertugas untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Vitamin C tidak hanya untuk kulit saja, namun vitamin ini memiliki beberapa fungsi penting lainnya, seperti membantu melindungi sel-sel dan membuatnya sehat, diperlukan untuk pemeliharaan jaringan ikat sehat yang memberikan dukungan dan struktur untuk jaringan dan organ, serta membantu untuk penyembuhan luka. Vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan degenerasi makula, mengurangi peradangan, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke, membantu sistem kekebalan tubuh, dan mengatasi pilek.

Krim dan Serum Vitamin C

Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat. Kandungan vitamin ini cukup tinggi di lapisan luar kulit (epidermis) dan lapisan dalam kulit (dermis). Oleh karena itu, di pasaran banyak ditawarkan beragam produk krim atau serum vitamin C untuk kulit Anda. Hal ini karena vitamin C diyakini dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari dengan mengurangi sel-sel kulit terbakar dan mengurangi eritema (pembesaran pembuluh darah yang ditandai dengan warna kemerahan pada kulit) bila terkena radiasi sinar UVA dan UVB. Selain itu, penggunaan produk yang mengandung vitamin C untuk kulit juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit Anda.

Tidak hanya itu, vitamin C juga kerap dapat mengurangi munculnya keriput pada wajah Anda dan masalah kekeringan pada kulit. Karena alasan demikian, banyak kaum hawa yang menggunakan produk seperti krim atau serum yang mengandung vitamin C.

Pentingnya Konsumsi Vitamin C Setiap Hari

Karena vitamin C tidak dapat disimpan di dalam tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin ini setiap hari.  Dalam mengonsumsi vitamin C, setiap orang membutuhkan kadar yang berbeda-beda setiap harinya. Berikut ini adalah angka kebutuhan vitamin C yang dianjurkan untuk orang Indonesia, yakni:

  • Hingga usia setengah tahun, bayi memerlukan vitamin C setidaknya 40 miligram setiap harinya.
  • Untuk anak usia 1 hingga 9 tahun, memerlukan vitamin C sebanyak 40 hingga 45 miligram per hari.
  • Pada usia 16 tahun ke atas, wanita akan memerlukan vitamin C sebanyak 75 miligram per hari, dan pria memerlukan 90 miligram per hari.
  • Sedangkan untuk Anda yang merokok, tambahan vitamin C untuk Anda adalah 35% dari jumlah yang disarankan. Pasalnya, merokok dapat meningkatkan radikal bebas di dalam tubuh dan kandungan antioksidan yang ada di dalam vitamin C dipercaya dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Beberapa buah dan sayur yang mengandung vitamin C adalah jeruk, paprika merah dan hijau, tomat, brokoli, pepaya, stroberi, kiwi, melon, mangga, kembang kol, kale, dan  nanas.

Kendati vitamin C untuk kulit dan juga sangat baik untuk tubuh Anda, namun Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Karena mengonsumsi vitamin C dalam jumlah besar (lebih dari 1000 miligram per hari), dapat menyebabkan sakit perut, diare, dan juga perut kembung. Jika Anda memerlukan informasi tentang vitamin C untuk kulit, tidak ada salahnya untuk konsultasikan hal tersebut pada dokter Anda.