Ini Obat Penghancur Batu Ginjal yang Diresepkan Dokter

Batu ginjal adalah bagian padat berupa batu yang terbentuk di dalam ginjal dari zat yang terkandung dalam urine. Ketahui beberapa obat penghancur batu ginjal yang dapat membantu Anda melawan penyakit ini.

Penyakit batu ginjal tidak bisa dianggap sepele. Kenali beberapa gejala penyakit batu ginjal seperti adanya darah dalam urine (berwarna merah, merah muda, atau cokelat), muntah, mual, urine berbau busuk, panas dingin, demam, dan sering muncul dorongan buang air kecil namun urine yang keluar hanya sedikit.

medicine for kidney stone crusher

Pengobatan Batu Ginjal

Batu dapat terbentuk jika urine mengandung terlalu banyak zat tertentu yang membentuk kristal. Kristal tersebut dapat membesar menjadi batu selama beberapa minggu atau bulan. Dehidrasi merupakan faktor risiko utama untuk pembentukan batu ginjal.

Pengobatan untuk batu ginjal bervariasi, tergantung pada jenis batu dan penyebabnya. Karena ada beberapa jenis batu ginjal, seperti batu kalsium, batu struvit, dan batu asam urat. Adapun beberapa jenis obat penghancur batu ginjal di antaranya:

  • Obat antibiotik Biasanya obat untuk menghancurkan batu ginjal jenis struvit dapat menggunakan obat antibiotik, atau juga bisa menggunakan pengobatan dengan asam acetohydroxamic (AHA).
  • Allopurinol Adalah obat yang dapat mengurangi produksi asam urat dalam tubuh Anda. Obat ini digunakan untuk membantu menghancurkan batu ginjal jenis batu asam urat.
  • Alpha Channel Blockers Beberapa jenis obat yang termasuk dalam golongan Alpha Channel Blockers seperti Tamsulosin, Doxazosin, dan Terazosin, merupakan obat penghancur batu ginjal. Obat Tamsulosin sangat membantu batu ginjal yang berukuran lebih besar, sementara batu ginjal berukuran kecil umumnya dapat keluar dengan sendirinya. Pasien yang memiliki ukuran batu ginjal sekitar 5 hingga 10 milimeter, setelah meminum obat Tamsulosin, batu ginjal tersebut dapat keluar dari tubuh sang pasien.
  • Diuretik thiazide Jenis obat yang berfungsi untuk meningkatkan produksi urine oleh ginjal.
  • Natrium bikarbonat atau natrium sitrat Obat ini biasanya diberikan untuk mengatasi gejala-gejala yang muncul akibat berlebihnya produksi asam lambung, dan sekaligus dapat membantu ginjal mengeluarkan kandungan asam urat yang dapat membentuk batu ginjal.
Perlu diingat bahwa tidak semua batu ginjal dapat diobati dengan obat. Untuk mengobati batu ginjal berukuran kecil, ada beberapa cara untuk menanganinya. Seperti minum 2-3 liter air untuk memperlancar sistem kemih Anda; untuk meringankan rasa ketidaknyamanan akibat batu ginjal kecil, Anda dapat meminum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen, paracetamol atau naproxen untuk meringankan nyeri ringan.  Sedangkan penanganan untuk batu ginjal yang berukuran besar, biasanya diobati dengan prosedur khusus (misalnya dengan energi laser, ultrasound, atau operasi ureteroscopy).

Setelah mengetahui adanya obat penghancur batu ginjal, Anda tetap disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan jenis batu ginjal Anda.