Ini Obat Sakit Gusi yang Ada di Rumah

Bicara soal kesehatan mulut, hal pertama yang seringnya diingat adalah gigi. Padahal radang gusi juga tidak kalah menyakitkan dari sakit gigi. Bagi Anda yang mengalami radang gusi, coba gunakan obat sakit gusi di bawah ini.

Radang gusi dapat disebabkan oleh kurang terjaganya kesehatan dan kebersihan gigi. Mula kondisi ini timbulnya plak gigi yang kemudian menjadi karang gigi jika tidak dibersihkan selama sekitar dua hari. Jika sudah menjadi karang gigi, maka akan susah dibersihkan. Dan semakin lama karang serta plak berada di gigi Anda, maka  semakin tinggi risiko gusi mengalami iritasi yang dapat menyebabkan gusi mudah berdarah dan membengkak.

ini obat sakit gusi yang ada di rumah - alodokter

Obat Sakit Gusi Ini Bisa Anda Dapatkan di Dapur

Guna mengatasi radang gusi, berikut ini adalah obat sakit gusi yang bisa Anda olah di rumah.
  • Baking soda dan air Baking soda tidak hanya digunakan untuk membuat kue. Jika dicampurkan dengan air, maka kedua bahan ini bisa dijadikan obat sakit gusi. Gosok gigi dengan campuran ini dapat menetralisir asam yang ada di dalam mulut penyebab masalah gusi.
  • Air hangat dan garam Selain campuran air dan baking soda, air hangat yang dicampurkan dengan garam dapat membantu Anda mengatasi sakit pada gusi. Campuran ini dapat membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Campurkan segelas air hangat dengan sedikit garam, kemudian kumur-kumurlah selama 30 detik. Campuran air hangat dan garam ini juga dapat mengempeskan gusi yang membengkak. Tapi yang perlu Anda ingat, terlalu sering berkumur dengan campuran air garam juga tidak baik untuk gigi Anda. Jadi, pastikan Anda tidak berlebihan dalam menggunakannya.
  • Teh hijau Teh hijau tidak hanya dapat menurunkan kolesterol dan bagus untuk kulit, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga bermanfaat untuk mengurango inflamasi atau peradangan yang terjadi di dalama tubuh. Sehingga, teh hijau juga dipercaya dapat meredakan sakit gusi dan efektif dalam mengurangi bau mulut.
  • Madu Obat sakit gusi yang satu ini, meski manis, namun mengandung antiseptik dan antibakteri alami yang dipercaya dapat mengatasi gusi yang terinfeksi. Penggunaan madu sebagai obat sakit gusi bisa Anda lakukan setelah menyikat gigi. Oleskan sedikit madu hanya di bagian gusi yang sakit dan hindari mengoleskan madu di bagian gigi.
Selain menggunakan beberapa bahan alami di atas, Anda juga dapat mengatasi sakit gusi karena radang gusi dengan memakai obat kumur, sikat gigi, dan menggosok bagian gusi dengan pasta gigi fluoride, minum cukup air, tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin dan terlalu panas, serta tidak merokok.

Radang gusi yang didiamkan begitu saja dapat berkembang menjadi periodontitis, dan dapat menyebabkan komplikasi serius seperti inflamasi pada bagian dalam gusi. Jaga terus kesehatan gigi dan mulut Anda. Jika sakit gusi muncul, cobalah menggunakan beberapa bahan di atas sebagai obat sakit gusi dan konsultasikan kondisi Anda kepada dokter gigi agar mendapat penanganan yang tepat.