Ini Pemerah Bibir Alami untuk Ibu Hamil

Saat hamil, banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari apa yang dikonsumsi, produk perawatan yang digunakan, bahkan hingga pemerah bibir. Pasalnya, produk seperti perawatan atau kosmetik yang mengandung bahan kimia dikhawatirkan berbahaya untuk kondisi janin jika masuk ke dalam tubuh.

Meski hanya menempel pada bagian bibir, lipstik mengandung bahan logam berat yang bisa berbahaya jika tertelan. Logam berat ini dapat memberikan efek kesehatan jangka panjang dari paparannya. Pada produk lipstik, setidaknya ditemukan beberapa bahan logam berat seperti alumunium, mangan, kadmium, kromium, dan timbal.

ini pemerah bibir alami untuk ibu hamil - alodokter

Penelitian yang dilakukan di California juga menunjukkan bahwa beberapa pemerah bibir yang terjual di pasaran mengandung bahan logam berat dalam kadar yang cukup berbahaya. Risiko gangguan sistem saraf atau tumor di bagian perut akan meningkat jika pemakaian jangka panjang terus dilakukan.

Selain itu, seorang wanita hamil yang terlalu banyak terpapar timbal (lead atau plumbum) dapat meningkatkan risiko persalinan prematur atau keguguran. Janin juga berisiko mengalami gangguan pada perkembangan sistem saraf, otak, dan ginjal.

Lalu, apakah kandungan timbal di dalam lipstik dapat langsung membahayakan janin yang ada dalam kandungan? Hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Karena bagaimanapun, produk kecantikan yang dijual di pasaran seharusnya sudah melalui uji coba atau pemeriksaan sebelum beredar. Sehingga, apabila pada kandungan produk tersebut mengandung bahan yang berbahaya untuk ibu hamil, pasti akan dicantumkan pada kemasannya.

Coba Pemerah Bibir Alami

Apabila Anda atau kerabat sedang hamil dan takut dengan efek bahan kimia terhadap janin, berikut ini langkah membuat pemerah bibir alami yang dapat Anda coba tanpa menggunakan lipstik.

  • Bibir gelap dengan scrub alami
    Kulit bibir yang kering bisa membuat warna bibir terlihat gelap. Jadi, cobalah mengikis kulit bibir yang kering menggunakan scrub alami ( gula dan madu). Caranya, campurkan satu sendok teh gula warna cokelat (brown sugar) dengan satu sendok teh madu, lalu gosokan campuran kedua bahan ini ke bagian bibir dengan gerakan memutar. Kemudian bilas dengan air hangat.
  • Meracik pemerah bibir alami
    Setelah kulit bibir yang kering hilang, Anda dapat melanjutkannya dengan memberikan pemerah bibir alami. Pemerah bibir alami ini bisa didapatkan dari beragam buah berwarna merah. Misalnya buah delima, stroberi, cranberi, ceri, atau buah bit. Caranya adalah dengan menghancurkan buah pilihan Anda, lalu usapkan ke bibir dengan menggunakan cotton buds. Tunggu agak kering, lalu poles lagi hingga Anda mendapatkan warna yang dinginkan.

Bibir yang merah memang dapat dengan instan membuat seorang wanita terlihat berseri atau tidak terlalu kusam. Jika Anda ingin tetap terlihat menawan di saat hamil tanpa cemas soal kesehatan janin, maka Anda dapat menggunakan pemerah bibir di atas. Alami dan tanpa bahan logam berat, pemerah bibir ini tidak membahayakan buah hati Anda.