Ini Penyebab Wasir Berdarah yang Harus Anda Ketahui

Penyakit wasir berdarah dikenal juga sebagai penyakit ambeien atau hemoroid. Penyakit ini terjadi akibat adanya pembengkakan pembuluh darah yang membesar di dalam atau di sekitar rektum dan anus. Penyebabnya yakni karena adanya peningkatan tekanan akibat kehamilan, kelebihan berat badan, atau mengejan saat buang air besar.

Sebenarnya, wasir berdarah dapat hilang atau sembuh dalam beberapa hari tanpa pengobatan. Namun, pada sebagian orang kerap membutuhkan pengobatan dokter untuk mengobati penyakit tersebut.

bleeding hemorrhoids

Penyebab Wasir Berdarah

Penyebab pasti wasir berdarah tidak terlalu jelas, namun penyakit ini berhubungan dengan peningkatan tekanan dalam pembuluh darah yang berada di dalam dan sekitar anus Anda. Tekanan tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak, meradang, dan akhirnya luka sehingga terjadi perdarahan. Beberapa faktor lain yang berkaitan dengan penyebab terjadinya wasir berdarah adalah:

  • Kelebihan berat badan maupun obesitas.
  • Bertambahnya usia membuat jaringan pada tubuh Anda menjadi lemah dan Anda berisiko lebih besar terkena wasir berdarah.
  • Kehamilan dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah di area panggul Anda. Hal ini yang menyebabkan pembuluh darah tersebut membesar dan Anda lebih berisiko terkena wasir berdarah.
  • Memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena wasir berdarah.
  • Sering mengangkat benda berat.
  • Batuk terus-menerus atau muntah.
  • Terlalu banyak duduk untuk jangka waktu yang lama.
  • Mengejan saat BAB.
  • Melakukan anal seks.

Dalam banyak kasus, penyakit wasir berdarah tidak menimbulkan gejala dan sebagian orang bahkan tidak menyadari bahwa dirinya memiliki penyakit ini. Namun bila terdapat gejala, maka gejalanya meliputi adanya perdarahan setelah buang air besar (BAB), biasanya darah berwarna merah terang; gatal di area bawah (anus); terdapat benjolan yang keluar dari lubang anus yang mungkin harus didorong kembali setelah melakukan BAB; merasakan nyeri, kemerahan, dan pembengkakan di sekitar anus Anda; adanya rasa ketidaknyamanan pada benjolan di dekat anus yang mungkin sensitif atau terasa sakit.

Wasir berdarah dapat diobati dengan menggunakan salep, obat, atau tempelan yang dijual bebas di sekitar Anda. Produk-produk tersebut mengandung bahan-bahan seperti witch hazel, hidrokortison, atau lidokain yang dapat mengurangi rasa sakit dan gatal untuk sementara pada area anus Anda.

Kendati banyak obat untuk wasir berdarah, Anda tetap disarankan agar mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai kondisi yang Anda alami. Namun, apabila pada akhirnya wasir tidak membaik dengan obat, Anda disarankan mengatasi wasir berdarah dengan cara operasi.

Untuk menghindari penyakit wasir berdarah, ada beberapa hal yang harus Anda terapkan, misalnya:

  • Makan makanan tinggi serat dan banyak mengonsumsi cairan untuk menjaga kotoran tidak keras dan mencegah Anda untuk mengejan saat BAB.
  • Berolahraga secara teratur, yang akan membantu menjaga BAB secara rutin dan teratur pada jadwalnya.
  • Jika Anda kelebihan berat badan, turunkan berat badan Anda untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di rektum dan Anus.
  • Menjaga area anal tetap bersih. Disarankan mandi setiap hari untuk membersihkan kulit sekitar anus dengan menggunakan air hangat.
  • Jangan menggunakan kertas toilet yang kering. Gunakan tisu basah sekali pakai yang lembap dan tidak mengandung parfum dan alkohol untuk membantu wilayah anal Anda tetap bersih.

Penyakit wasir berdarah tidak bisa dianggap sepele, karena dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, terutama bagi Anda yang sering duduk berlama-lama saat bekerja. Setelah mengetahui penyebab wasir berdarah, jika Anda mengalami beberapa gejala wasir berdarah yang telah dipaparkan di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.