Ini Solusi Atasi Tulang Kering Sakit Setelah Olahraga

Nyeri pada tulang kering biasa dialami oleh mereka yang suka lari, menari, bermain bola basket, sepak bola, tenis atau sekadar mengejar bus.

Anda pernah merasakan nyeri atau sakit di daerah sepanjang tulang kering? Bisa jadi Anda mengalami shin splints. Nyeri pada tulang kering atau shin splints kemungkinan disebabkan oleh peradangan akibat cederanya jaringan lunak di tungkai bawah bagian depan. Peradangan dan cedera tersebut bisa terjadi jika tulang kering mendapat terlalu banyak tekanan atau jika kaki menapak secara berlebihan ketika menyentuh tanah.

Ini Solusi Atasi Tulang Kering Sakit Setelah Olahraga - alodokter

Nyeri tulang kering ini bisa dirasakan selama atau setelah Anda melakukan aktivitas berat seperti berlari. Atau bisa juga ketika melakukan olahraga yang membutuhkan gerakan berlari dan berhenti secara tiba-tiba, contohnya basket dan tenis. Rasa sakit di tulang kering ini terkadang bisa terjadi secara konstan dan menjadi parah di daerah yang sensitif.

Tergantung pada penyebab pastinya, rasa sakit bisa terletak di sepanjang kedua sisi tulang kering atau pada ototnya. Jika disentuh, tentu akan terasa sakit. Otot yang membengkak terkadang dapat membuat saraf di kaki mengalami iritasi hingga membuat kaki terasa  seperti ditusuk banyak jarum, atau sebaliknya mati rasa.

Tulang kering terasa nyeri sering kali bisa sembuh dengan sendirinya. Tentunya, dibantu dengan melakukan langkah-langkah sederhana seperti berikut:

  • Istirahat.
  • Meletakkan es di tulang kering atau lokasi nyeri selama 20-30 menit setiap 3 atau 4 jam sekali. Lakukan hal ini selama 2-3 hari atau sampai rasa sakit hilang. Tindakan ini dirasa mampu meringankan bengkak dan rasa sakit.
  • Minum obat penghilang rasa sakit antiinflamasi seperti ibuprofen, naproxen, atau aspirin. Gunanya untuk membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan. Namun, obat-obatan tersebut disarankan hanya digunakan sesekali atau sesuai petunjuk dari dokter.
  • Meregangkan otot betis dan bagian depan kaki.
  • Memilih sepatu olahraga yang tepat. Mintalah saran dari dokter atau staf toko yang terlatih untuk menentukan sepatu olahraga mana yang terbaik sesuai bentuk kaki Anda.
  • Gunakan sisipan sepatu untuk membantu kaki menapak, jika diperlukan.
  • Gunakan pelindung (neoprene sleeve) untuk menopang dan menghangatkan tungkai bawah Anda.
  • Pergi ke ahli terapi fisik untuk mengidentifikasi dan mengobati masalah di tungkai tersebut, membantu meringankan rasa sakit, dan membimbing atau memberi saran seputar olahraga yang bisa Anda lakukan.

Nyeri tulang kering memang bisa sembuh tanpa pengobatan serius. Namun, jangan sekali-kali menyepelekan nyeri tulang kering yang Anda rasakan. Jika Anda terus berolahraga namun mengabaikan rasa sakit yang diderita, hal yang tidak diinginkan mungkin saja terjadi. Nyeri bisa semakin parah hingga membuat Anda harus berhenti berolahraga sama sekali. Segera datangi dokter ahli jika nyeri tulang kering tidak membaik atau segera sembuh.