Ini yang Wajib Dikonsumsi Agar Tidak Kekurangan Kalsium

Risiko kekurangan kalsium dapat meningkat seiring pertambahan usia secara alami dan mungkin tidak Anda sadari. Penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian agar tulang dan tubuh tetap sehat.

Hati-hati jika belakangan ini Anda susah mengingat atau memiliki rambut dan kuku rapuh. Keduanya bisa jadi merupakan gejala-gejala kekurangan kalsium, disebut juga dengan hipokalsemia, yang dapat berisiko menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti osteoporosis. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti kram perut, kram otot, gangguan sistem saraf, dan kejang pada kaki serta tangan.

kekurangan kalsium-alodokter

Kalsium diperlukan tubuh untuk membangun kekuatan tulang dan gigi, serta menstabilkan tekanan darah. Kurang konsumsi vitamin D, konsumsi obat-obatan tertentu, serta terlalu banyak mengonsumsi kalium, dapat membuat tubuh menjadi kekurangan kalsium. Seorang vegetarian, sayangnya lebih berisiko mengalami kekurangan kalsium karena kurang mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Selain itu, kebutuhan kalsium wanita pada usia dewasa muda lebih cepat meningkat dibandingkan pria. Agar tubuh terhindar dari kekurangan kalsium, pastikan kalsium selalu menjadi bagian dari menu makanan harian anda, berikut beberapa contoh panduan sumber kalsium dapat menjadi pilihan.

  • Salmon, sarden, edamame, roti gandum, telur, brokoli, susu, keju, yoghurt, jeruk, okra, dan tahu adalah contoh makanan sumber kalsium yang baik.
  • Sayuran berwarna hijau gelap, seperti bok choy, bayam, dan kale dapat diandalkan sebagai sumber kalsium. Sayuran ini juga kaya akan vitamin K untuk mengurangi risiko osteoporosis.
  • Susu nabati, kacang almond, dan kedelai dapat menjadi sumber kalsium nabati yang baik. Cek dulu label kemasan untuk menemukan kandungan kalsium yang diperlukan.
  • Buah kering, seperti kurma, dapat menjadi alternatif yang tidak membosankan agar tubuh tidak kekurangan kalsium.
  • Sereal yang diperkaya kalsium dapat menjadi pilihan menu sarapan yang dapat dipadukan dengan berbagai buah.
  • Pilih makanan bebas atau rendah lemak sebagai sumber kalsium untuk menghindari risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi.
Jika Anda tidak terlalu suka mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan secara langsung, Anda masih dapat mengolahnya menjadi sajian menarik, seperti piza sayur dengan salmon, salad dengan taburan keju permesan, spageti, capcay, kroket, risol, dan sayur.

Selain makanan dan minuman alami, suplemen kalsium bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko kekurangan kalsium. Berbagai jenis suplemen kalsium yang paling sering digunakan adalah kalsium sitrat, kalsium karbonat, atau kalsium fosfat. Meski begitu tetap perlu diwaspadai bahwa obat suplemen kalsium dapat berinteraksi secara negatif jika dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis obat-obatan lain. Di samping itu, hindari mengonsumsi kalsium melebihi kadar yang disarankan karena dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Pastikan selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen kalsium untuk memastikan dosis dan penggunaan yang tepat untuk Anda.