Iritasi Mata Tidak Boleh Dibiarkan Berkepanjangan

Iritasi mata dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak jarang bersifat menular. Penting untuk mengenal penanganan kondisi ini dengan tepat dan cepat.

Iritasi mata dapat disebabkan oleh karena alergi, bahan alergen dan iritan, serta infeksi. Konjungtivitis atau pink eye adalah salah satu bentuk iritasi mata yang paling umum. Gangguan mata ini bila disebabkan oleh virus atau bakteri dapat dengan mudah menulari orang lain.

iritasi mata-alodokter

Pemulihan iritasi mata menjadi lebih mudah dan cepat jika Anda memahami cara-cara untuk mengatasinya. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Cari tahu jenis-jenis iritasi yang kemungkinan dialami

Gejala iritasi yang dialami pengidap kurang lebih sama, yaitu mata merah, berair, dan gatal. Tetapi detailnya bisa jadi berbeda berdasarkan jenis dan penyebab. Konjungtivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal berbeda, seperti alergi, bakteri, ataupun virus.

  • Konjungtivitis yang disebabkan oleh virus umumnya akan pulih dalam 1-3 minggu. Hal terpenting adalah mencegah terjadinya komplikasi.
  • Konjungtivitis yang disebabkan oleh bakteri umumnya disertai dengan keluarnya cairan berwarna hijau atau kuning dari sudut mata. Dokter dapat memberikan antibiotik untuk meredakannya.

Konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi umumnya akan berdampak pada kedua mata dan menyebabkan gejala-gejala umum alergi, seperti hidung berair. Selain alergi parah yang membutuhkan penanganan medis, kondisi ini sebenarnya dapat diatasi secara mandiri.

Bersihkan cairan yang keluar dari mata secara rutin

Cuci tangan sebelum membersihkan mata. Mulai dengan mengusap sudut mata bagian dalam, kemudian ke bagian luar. Gunakan lap atau tisu berbeda untuk mengusap bagian-bagian yang berbeda. Segera cuci atau buang tisu sekali pakai begitu selesai digunakan. Tindakan ini penting untuk mencegah bakteri berkembang.

Gunakan kompres untuk meredakan iritasi

Kompres dingin biasanya baik untuk menangani konjungtivitis alergi. Sementara kompres hangat baik untuk meredakan bengkak atau konjungtivitis akibat virus atau bakteri. Rendam kain lembut dan bersih di dalam air hangat atau dingin. Peras dan tekan secara perlahan-lahan pada mata yang terinfeksi. Segera ganti lap sebelum beralih ke mata lain untuk menghindari penularan.

Hindari penggunaan lensa kontak

Lensa kontak dapat menyebabkan iritasi mata sehingga bakteri yang terperangkap mengakibatkan konjungtivitis. Setelah pink eye sembuh, cuci bersih lensa kontak sebelum digunakan kembali.

Hindari Menularinya kepada Orang-orang di Sekitar Anda

Iritasi mata akibat konjungtivitis virus dan bakteri dapat menular dengan cepat. Pengidap yang sudah sembuh juga dapat terinfeksi kembali jika virus atau bakteri menyebar ke anggota keluarga. Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan.

  • Ambil izin tidak masuk kantor atau sekolah agar tidak menulari teman atau rekan kerja. Umumnya penyakit ini akan mereda setelah 4-5 hari.
  • Hindari menyentuh mata secara langsung dengan tangan. Jika tangan terlanjut menyentuh mata, segera cuci tangan dengan sabun. Jangan lupa untuk mencuci tangan juga setelah meneteskan atau mengoleskan obat mata.
  • Tunda penggunaan semua produk yang melibatkan mata, seperti kosmetik. Lebih baik lagi, tunda penggunaan kosmetik wajah secara keseluruhan agar bakteri atau virus tidak tinggal dalam produk kosmetik dan menyebabkan infeksi kembali terulang.
  • Ganti handuk dan sarung bantal tiap hari selama gejala belum mereda, terutama jika handuk atau sarung menyentuh mata.
Berbagai obat tetes mata yang dijual bebas mungkin efektif untuk kebanyakan penderita konjungtivitis, namun lebih baik Anda mendapatkan obat tetes dari dokter yang telah memeriksa kondisi Anda secara langsung. Berikut panduannya:
  • Iritasi mata akibat bakteri dapat diredakan dengan tetes mata antibiotik.
  • Iritasi mata akibat alergi diatasi dengan tetes mata steroid atau antihistamin.
  • Salep antibiotik dapat digunakan sebagai alternatif obat tetes mata. Pada 20 menit pertama, salep ini mengakibatkan penglihatan menjadi samar setelah dioleskan.
  • Obat antivirus digunakan untuk menangani iritasi akibat virus.
Segera periksakan diri ke dokter jika mata terasa sakit yang tidak tertahankan, gangguan penglihatan, jika mata berubah warna menjadi lebih merah. Segera periksakan juga jika setelah 24 jam pengobatan, keadaan tidak membaik.