Jadi Paham soal Masalah Darah Menstruasi Setelah Baca Ini

Tiap perempuan memiliki durasi dan jumlah darah menstruasi yang berbeda-beda. Terdapat batasan normal mengenai durasi dan jumlah darah menstruasi. Anda perlu ke dokter apabila mengalami menstruasi yang berlangsung lama atau keluar darah yang sangat banyak dimana hal tersebut mengganggu kehidupan sehari-hari.

Siklus menstruasi pada kebanyakan perempuan normalnya berkisar antara 21-35 hari. Rata-rata siklus menstruasi perempuan adalah 28 hari. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid siklus berikutnya.

jadi paham soal masalah darah menstruasi setelah baca ini - alodokter

Darah menstruasi yang keluar biasanya sebanyak 40 cc atau sekitar 3 sendok makan tiap harinya. Adapun keluarnya darah sendiri biasanya berdurasi 4-5 hari. Batasan normal dari jumlah darah menstruasi adalah 80 cc dalam sehari. Adapun batasan normal hari haid adalah 3-5 hari.

Jadwal, jumlah, dan durasi menstruasi di luar batasan normal disebut dengan perdarahan rahim abnormal. Dahulu disebut dengan perdarahan rahim disfungsional. Selain itu, pada sebagian kasus, perubahan warna, kekentalan, dan adanya gumpalan, bisa jadi mengindikasikan adanya masalah kesehatan.

Keluar Darah Banyak dan Menggumpal

Darah menstruasi yang menggumpal biasa dialami para perempuan. Biasanya gumpalan darah keluar bersamaan dengan hari-hari di mana darah banyak keluar. Beberapa perempuan mungkin akan mendapati gumpalan darah berwarna merah terang atau merah pekat. Adanya beberapa gumpalan darah dapat menjadikan darah haid Anda seperti lebih pekat dan kental dari biasanya.

Sejatinya, gumpalan darah bisa dicegah dengan adanya antikoagulan yang dilepaskan tubuh secara alami. Namun, pada hari dimana darah haid keluar banyak dan cepat, antikoagulan belum sempat menyelesaikan tugasnya.

Jika gumpalan darah haid terlihat berlebihan dan keluar lebih dari seperempat jumlah darah menstruasi Anda, maka segera periksakan diri ke dengan dokter untuk mengetahui akar masalahnya.

Warna Darah Lebih Pekat

Ketika menstruasi akan berakhir, mungkin Anda akan mendapati darah haid berwarna cokelat gelap atau kehitaman. Hal ini terjadi karena darah yang berumur lebih tua tersendat saat hendak dikeluarkan. Tidak perlu khawatir akan hal ini sebab perubahan warna tersebut adalah normal.

Jumlah Darah Berlebihan

Banyak perempuan yang khawatir saat darah menstruasi mereka keluar banyak. Padahal hal tersebut belum tentu masalah. Bila keadaan itu terjadi hanya sementara, biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, temui dokter bila Anda mengalami perdarahan menstruasi yang berlebihan pada setiap periode haid.

Tanda-tanda perdarahan menstruasi yang berlebihan atau menorrhagia antara lain durasi haid yang melebihi 7 hari, terdapat gumpalan-gumpalan besar, dan keperluan mengganti tampon pada malam hari. Kondisi semacam ini patut diwaspadai karena darah haid yang keluar dalam jumlah banyak bisa menyebabkan anemia dan berpotensi menyebabkan Anda menjadi lebih mudah lelah.

Penyebab Darah Menstruasi Bermasalah

Banyak hal yang mendasari keadaan menstruasi yang tidak normal. Salah satu masalah yang utama adalah masalah hormon karena faktor ini adalah penentu penting terjadinya siklus menstruasi.

Jika di dalam tubuh terjadi perubahan kadar hormon, mendekati masa menopause, atau sedang memakai alat kontrasepsi tertentu, maka darah menstruasi dapat menjadi tidak normal.

Beberapa kondisi berikut bisa menjadi penyebab darah menstruasi mengalami ketidaknormalan.

  • Terdapat infeksi
  • Naik dan turunnya berat badan secara cepat
  • Menjalani diet ekstrem
  • Menderita stres berat
  • Terdapat kanker rahim
  • Menderita fibroid rahim
  • Kondisi-kondisi tertentu terkait kehamilan
  • Menderita penyakit von Willebrand, yaitu penyakit akibat gangguan pendarahan.
  • Pemakaian obat tertentu yang menyebabkan fluktuasi kadar hormon.
Untuk menentukan dengan tepat mengenai masalah darah menstruasi dan solusinya, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter.