Jaga Asupan Yodium Harian demi Kesehatan Anda

Garam pada umumnya digunakan sebagai bahan pengasin makanan agar terasa gurih dan tidak hambar. Tak hanya rasanya yang asin, garam bisa memberikan kandungan yodium yang manfaatnya sangat baik bagi kesehatan. Mulai sekarang, kenali manfaat asupan yodium harianmu agar terhindar dari gangguan-gangguan akibat kekurangan atau kelebihan yodium.

Yodium adalah zat alami yang banyak terdapat di dalam kandungan tanah, air laut, dan garam. Yodium sangat dibutuhkan oleh tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Perlu diketahui, tubuh manusia tidak dapat memproduksi yodium dengan sendirinya. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan yodium, seperti produk olahan susu, hidangan laut (seafood), daging, beberapa jenis roti, dan telur.

iodine_compress

Kandungan yodium berguna bagi tubuh dalam pembentukan hormon tiroid. Jumlah hormon tiroid yang dihasilkan akan memengaruhi kembali kinerja kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sendiri bertugas untuk menciptakan dan menyimpan hormon yang bermanfaat bagi fungsi seluruh sel di dalam tubuh. Hormon ini bekerja demi menstabilkan detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, serta mengatur jumlah dan jenis makanan yang diubah menjadi sumber energi.

Agar bisa menghitung kebutuhan yodium harian Anda, perlu diketahui bahwa dalam satu sendok makan garam mengandung yodium sebanyak 70 mikrogram. Ada pun kebutuhan asupan yodium normal bagi orang dewasa sebanyak 100-150 mikrogram per hari. Berikut ini adalah ambang batas asupan yodium sesuai orang yang mengonsumsinya:

  • Bayi di bawah usia 1 tahun: 50-90 mikrogram/hari
  • Anak-anak usia 1-11 tahun: 90-120 mikrogram/hari
  • Ibu hamil: 220 mikrogram/hari
  • Ibu menyusui: 290 mikrogram/hari
  • Orang dewasa: 1.100 mikrogram/hari.
Kekurangan yodium

Kekurangan asupan yodium harian atau dikenal dalam istilah medis sebagai hipotiroidisme. Ini adalah kondisi di mana kurang aktifnya kelenjar tiroid sehingga tidak mampu memproduksi hormon yang dibutuhkan tubuh.  Gejala dari hipotiroidisme adalah kulit kering, susah buang air besar, suara serak, wajah pucat, serta terjadinya pembengkakan. Di Indonesia, gangguan ini biasa disebut gangguan kekurangan yodium (GAKY), kondisi ini bisa menyebabkan berbagai kondisi, seperti:

  • Kerusakan otak
  • Penyakit gondok (goiter)
  • Bagi wanita bisa mengakibatkan terhentinya siklus menstruasi, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kemandulan.
  • Karena bisa memengaruhi janin, ibu hamil berisiko melahirkan bayi yang terlahir dengan mengalami gangguan proses belajar atau bahkan keterbelakangan mental.
  • Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh (autoimun), akibatnya akan meningkatkan risiko munculnya kanker tiroid.
Kelebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium

Kelebihan asupan yodium dapat membuat kelenjar tiroid menjadi terlalu aktif atau dikenal dengan istilah hipertiroidisme.  Jika Anda mengalami hipertiroidisme, segala proses dan fungsi tubuh akan mengalami percepatan. Akibatnya Anda akan mengalami gejala-gejala seperti menurunnya berat badan dengan cepat, melemahnya kondisi tubuh, detak jantung semakin cepat dan/atau tidak beraturan, serta susah tidur.

Penting bagi Anda agar lebih jeli dalam memilih jenis makanan atau minuman yang berbahan dasar garam yodium. Saat ini, garam yodium cukup mudah ditemui di pasaran dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mengolah bermacam-macam hidangan dari makanan atau minuman yang memiliki kandungan yodium tinggi, seperti yogurt rendah lemak, ikan laut, dan rumput laut. Segera berkonsultasi kepada dokter jika terjadi tanda-tanda akibat kekurangan atau kelebihan yodium untuk mendapatkan penanganan sesuai dengan kondisi yang dialami.