Jangan Asal Memilih Serum Rambut Lagi

Serum rambut memiliki banyak fungsi, antara lain membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan produk rambut, melemaskan rambut sehingga tidak mudah kusut, serta membuat rambut menjadi lebih berkilau. Serum rambut terutama ditujukan untuk pemilik rambut kering yang mudah bercabang.

Serum rambut dapat dipakai sebelum Anda keramas, setelah keramas, atau saat menata rambut. Sebenarnya, serum rambut tersedia dalam berbagai jenis. Masing-masing diperuntukkan untuk kondisi rambut yang berbeda-beda, bergantung dari seberapa tebal dan ikta rambut, serta seberapa sering rambut mengalami penataan.

serum rambut - alodokter

Pilihlah serum rambut yang tepat. Masalahnya, Anda tidak akan tahu serum rambut yang cocok bagi Anda jika tidak mencobanya terlebih dahulu. Oleh karena itu, coba dan pakailah serum rambut secara teratur dan dengan cara yang juga benar.Sebagai panduan dasar, langkah-langkah di bawah ini bisa diikuti.

Pilih Produk yang Tepat

Sebelum memilih serum rambut, perhatikan produknya. Periksa kandungan serum dari labelnya untuk mendapatkan yang sesuai untuk rambut Anda. Misalnya, jika rambut Anda kering, pilih serum rambut yang bertujuan utama melembapkan. Jika rambut Anda tipis, pilih serum rambut dengan kandungan zat untuk membantu menebalkan rambut. Jika rambut Anda sering ditata menggunakan berbagai produk penata rambut, pilih serum rambut yang dapat melindungi rambut dari kerusakan. Tujuan membeli serum adalah untuk merawat rambut, jadi jangan asal memilih serum.

Gunakan Takaran dengan Tepat

Takaran serum juga harus diperhatikan. Jika rambut Anda agak panjang, gunakan satu hingga dua tetes serum. Memakai serum rambut berlebihan akan menjadikan rambut tampak lebih berminyak.

Jika Anda ingin rambut tampil natural, oleskan serum rambut sedikit saja sebelum rambut ditata. Di sini, serum juga berperan untuk membantu melindungi rambut dari panas yang disebabkan oleh alat penata rambut.

Apabila Anda merasa serum belum merata atau kurang, jangan menambahkannya langsung dalam jumlah banyak. Tambahlah sedikit demi sedikit sampai merata di semua bagian rambut yang ingin diberikan serum rambut.

Aplikasikan dengan Tepat

Anda juga perlu mengetahui cara mengaplikasikan serum rambut dengan tepat. Semprot atau oleskan serum ke telapak tangan terlebih dahulu. Gosok serum di telapak tangan, baru oleskan ke rambut secara merata. Jika Anda ingin menambahkan lagi, lakukan dengan cara yang sama.

Bahan kimia pada sampo mungkin menyebabkan rambut menjadi kering dan kaku. Untuk menjadikan rambut tetap lembap dan lemas, bubuhkan serum pada ujung rambut sebelum keramas.

Bila Anda ingin memberikan perlindungan tambahan, bubuhkan dari bagian tengah hingga ujung rambut. Setelah itu, bilas rambut seperti biasa sampai bersih. Beberapa orang membuktikan keampuhan hal ini.

Anda juga dapat mengoles atau menyemprot serum rambut ketika rambut masih dalam keadaan basah setelah keramas. Inilah saat terbaik dalam menggunakan serum rambut menurut para ahli.

Ketika akan menata rambut, pastikan Anda sudah membubuhkan serum sebelum memulai penataan. Setelah itu barulah gunakan alat penata rambut. Tujuannya agar rambut terlindungi. Selain itu, Anda juga bisa membubuhkan serum rambut pada rambut yang sudah ditata.

Perhatikan juga rambut Anda setelah pemakaian serum rambut secara rutin. Apabila ada perubahan, misalnya rambut menjadi lebih berminyak atau kering, segera ganti jenis serum yang sesuai dengan kondisi rambut.

Melihat manfaatnya, serum rambut dapat menjadi pilihan bijak dalam merawat rambut baik jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi, jangan malas menggunakannya, demi mendapatkan rambut indah yang sehat.