Jangan Bersedih, Usir Rasa Kesepian dengan Cara-cara Ini

Ada kalanya seseorang merasa kesepian pada suatu titik di kehidupannya. Meski memang harus dihindari, namun kejadian ini masih dianggap normal. Yang tidak normal adalah ketika rasa kesepian tersebut terjadi dalam jangka waktu panjang.

Tentu saja efeknya tidak akan bagus bagi kesehatan. Contoh penyakit-penyakit berat seperti halnya tekanan darah tinggi, sistem imun yang menurun hingga gangguan tidur, berkemungkinan lebih tinggi untuk dialami orang-orang yang terus-menerus diliputi oleh perasaan kesepian.

kesepian - alodokter

Perasaan kesepian tidak hanya terjadi ketika Anda sedang sendirian, tapi juga bisa terjadi ketika Anda sedang berada di keramaian. Dalam hal ini, bukan suasana sekitar yang sepi, melainkan hati Anda yang merasa kosong, hampa, dan terisolasi.

Jangan mengira bahwa perasaan kesepian dikarenakan Anda belum memiliki pasangan atau menikah. Orang yang sudah menikah masih mungkin mengalami perasaan semacam ini. Faktanya, lebih dari 60 persen orang-orang yang merasa kesepian ternyata sudah menikah.

Agar tidak telanjur terjangkit berbagai penyakit berat, sudah saatnya bagi Anda mengusir perasaan kesepian yang kerap melanda. Bagaimana langkah-langkah mengusir rasa negatif tersebut? Mari simak penjelasannnya berikut ini.

Cari penyebab

Anda akan lebih mudah mencari jalan keluar dari rasa kesepian ini jika sudah tahu penyebabnya. Sebagai contoh, apabila Anda merasa kesepian karena tidak atau kurang memiliki banyak teman, Anda dapat pergi mencari teman baru. Namun, ketika Anda masih merasa kesepian di saat sudah memiliki banyak teman, ada kemungkinan rasa tersebut timbul karena hubungan pertemanan yang kurang berkualitas. Kalau Anda masih bingung, cobalah pikirkan, kapan Anda mulai merasa kesepian, pada saat suasana seperti apa Anda merasa kesepian, dan tanyakan kepada diri sendiri mengenai apa yang ingin dilakukan ketika rasa kesepian melanda.

Ungkapkan melalui tulisan

Mengungkapkan perasaan melalui tulisan dapat membantu meredakan stres. Buatlah tulisan yang menceritakan tentang rasa kesepian Anda, perasaan yang timbul saat diliputi oleh kesepian, dan semua hal yang Anda sedang pikirkan. Carilah tempat yang aman dan nyaman untuk menulis dan mulailah membiasakan diri untuk menulis secara teratur, meskipun hanya sebentar.

Sadari bahwa Anda tidak sendirian

Sadarilah bahwa banyak orang di sekitar Anda untuk bisa dijadikan sebagai teman bicara dan menceritakan tentang kesepian yang sedang Anda alami. Dengan sendirinya, jalinan komunikasi akan membuka masing-masing diri dalam berbagi cerita mengenai topik yang sedang dibahas. Anda dapat bertanya tentang cara mereka mengusir perasaan kesepian. Siapa yang tahu, mungkin saja teknik mereka cocok untuk Anda terapkan juga.

Lakukan berbagai aktivitas

Rasa kesepian cenderung untuk terus melanda jika Anda diam saja sambil meratapi keadaan. Maka dari itu, lakukanlah sesuatu yang bermanfaat. Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas akan membantu mengusir perasaan yang tidak mengenakkan ini.

Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan diri sendiri. Menjalani hobi bisa menjadi permulaan yang bagus, misalnya membaca buku, jalan-jalan, atau sekadar berkebun di pagi atau sore hari. Kegiatan lain yang mungkin masih baru pun boleh dicoba. Selain menambah pengetahuan, mencoba-coba hal baru akan membuat Anda lebih bersemangat dan dapat mengalihkan perhatian dari perasaan kesepian.

Bergabung dengan orang lain dan bersikaplah menyenangkan

Jangan ragu untuk bergabung ke dalam berbagai kegiatan berkelompok. Saat berkegiatan, Anda akan banyak berhubungan dengan orang-orang di sana. Mengobrol, melakukan kegiatan bersama, beraktivitas dengan orang baru yang berbeda-beda lambat laun akan menciptakan suasana hati yang baru.

Jika selama ini Anda adalah orang yang senang memberi kritik pada segala sesuatu yang ada di hadapan, cobalah untuk berubah. Hargai semua yang Anda lihat. Beri pujian tulus jika ada teman yang baru saja potong rambut. Beri selamat apabila seorang teman baru saja lulus ujian dan upayakan untuk menanggapi secara positif jika ada teman yang membutuhkan saran atas masalah yang sedang dihadapi. Menjadi pribadi yang menyenangkan akan membawa Anda terlibat ke dalam hubungan pertemanan yang lebih dalam dan bermakna. Perasaan dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar akan membuat Anda tidak lagi merasa terpuruk.

Perasaan kesepian akan hilang hanya jika Anda benar-benar inginkan dan melakukan sesuatu untuk mengubahnya. Jangan terlalu lama membiarkan diri tenggelam di dalam kesedihan dan jangan ragu untuk berusaha melakukan hal-hal yang dapat mengusir perasaan tersebut. Misalnya membuka usaha, menerbitkan buku, membuat film, melanjutkan pendidikan di luar negeri, atau berwisata ke negara-negara asing bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat.