Jangan Ragu Lagi, Banyak Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Penting bagi ibu hamil menjaga pola makan sehat, termasuk konsumsi buah. Dengan rasa yang lezat dan manfaat alpukat untuk ibu hamil, tak heran buah ini sangat direkomendasikan.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil terutama terletak pada kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan asam folat di buahnya. Kemudian alpukat memiliki beragam manfaat karena mengandung hampir 20 vitamin dan mineral di tiap sajiannya.

benefits of eating avocados during pregnancy_compress

Kaya Kandungan Lemak dan Asam Folat

Alpukat diperkaya jenis lemak yang mendukung perkembangan otak janin, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak jenuh nabati alami.

Asam folat menjadi nutrisi kunci di dalam masa kehamilan. Asam folat bertugas memproduksi dan mengatur jalinan sel baru. Para ahli percaya bahwa asam folat bisa menurunkan risiko cacat lahir.

Ibu hamil membutuhkan sekurang-kurangnya 400 mikrogram asam folat tiap harinya. Satu buah alpukat menyediakan sekitar 45 mikrogram asam folat. Dengan memakan beberapa buah alpukat sehari, ibu hamil mendapatkan tambahan asupan asam folat, selain tentunya juga dari makanan sumber asam folat lainnya.

Dianjurkan untuk mengonsumsi alpukat sejak trimester pertama kehamilan. Manfaat folat bagi ibu hamil pada trimester pertama kehamilan terutama untuk mendukung perkembangan sistem saraf pusat bayi, yaitu otak dan saraf tulang belakangnya. Kebutuhan asupan folat juga diberikan melalui vitamin prenatal yang diperoleh melalui resep dokter.

Selain untuk perkembangan otak bayi, asam folat juga dibutuhkan untuk menghasilkan sel-sel darah merah dan mencegah anemia tertentu. Pembentukan, perbaikan dan kerja DNA serta pembangunan dinding sel tubuh juga membutuhkan asam folat yang cukup. Asam folat juga diperlukan untuk pembentukan cepat sel untuk membangun plasenta dan janin yang dikandung.

Cara Menyiapkan dan Variasi Menyajikan Alpukat

Pilih alpukat dalam kondisi segar atau yang belum terlalu matang. Alpukat tersebut dapat memudahkan Anda saat menyajikan dan bertahan lebih lama.

Sebaiknya pilih tempat bersuhu ruangan untuk menyimpan alpukat yang belum matang. Dalam kondisi tersebut, perlu waktu 4-5 hari sampai alpukat matang. Bila Anda ingin mempercepat kematangan alpukat, masukkan alpukat ke dalam kantong plastik dengan buah-buahan lainnya seperti pisang atau apel.

Alpukat matang ditandai dengan kulitnya yang berwarna kehitaman atau ungu gelap dan lembut ketika ditekan. Pada saat inilah, alpukat siap dikonsumsi atau di lemari pendingin agar terjaga kesegarannya. Sajikan alpukat dengan terlebih dulu mencucinya sampai bersih sebelum memotong buahnya.

Trik bagi Anda yang hanya ingin menggunakan sebagian alpukat saja. Sisakan bagian alpukat yang melekat pada bijinya untuk disimpan. Hal ini dapat mencegah alpukat yang disimpan berubah kecokelatan atau matang terlalu cepat.

Selain dikonsumsi langsung, salah satu variasi menyiapkan alpukat yaitu menjadikannya bahan pelengkap pada roti isi. Manfaat alpukat untuk ibu hamil bisa juga melalui olahan dalam bentuk minuman, seperti jus atau smoothie tanpa ditambah susu. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter untuk takaran yang sesuai ataupun jika terjadi reaksi alergi. Bagi yang memiliki alergi terhadap lateks, sangat disarankan untuk mengkonsultasikan pada dokter sebelum menambahkan alpukat ke dalam daftar menu makan. Hal ini dikarenakan pada orang yang alergi lateks, biasanya gejala muncul setelah mengonsumsi alpukat.