Jangan Remehkan Fungsi Lemak

Kenali lebih dulu fungsi lemak bagi tubuh Anda. Meski tidak jarang hadirnya lemak selalu dirasa mengganggu penampilan atau kesehatan, bukan berarti lemak tidak memiliki fungsi sama sekali. Tubuh kita masih memerlukan lemak, dengan catatan, lemak tersebut tidak berlebihan.

Lemak termasuk ke dalam tiga jenis makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh, sejajar dengan protein dan karbohidrat. Sehingga, lemak dalam jumlah sedikit penting bagi pola makan yang seimbang dan sehat. Selain itu, tubuh juga membutuhkan lemak yang tidak bisa dihasilkan dengan sendirinya oleh tubuh. Contohnya adalah asam lemak omega 3. Bagaimanapun, fungsi lemak baik bagi tubuh kita, tapi dalam jumlah yang tepat.

jangan remehkan fungsi lemak - alodokter

Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Seperti yang disebutkan di atas, selama masih dalam jumlah yang seimbang, lemak memiliki fungsi yang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa fungsi lemak yang baik untuk tubuh Anda.
  • Lemak membantu tubuh menyerap vitamin E, D, dan A. Beberapa jenis vitamin tersebut merupakan jenis yang larut dalam lemak. Sehingga, untuk dapat diserap oleh tubuh, vitamin ini memerlukan bantuan lemak.
  • Penyimpanan energi tubuh yang utama adalah lemak. Oleh karena itu, lemak juga dapat berguna sebagai sumber tenaga bagi tubuh.

Ragam Jenis Lemak dan Sumber Lemak Sehat

Terdapat beberapa jenis lemak yang terkandung di dalam makanan. Antara lain adalah lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak jenuh. Berikut ini adalah beberapa jenis lemak yang perlu Anda ketahui.
  • Lemak tak jenuh tunggal Jenis lemak ini tergolong baik untuk kesehatan jantung, karena lemak tak jenuh tunggal ternyata dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung. Lemak jenis ini akan menurunkan tingkat LDL (kolesterol jahat) dan menjaga tingkat HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.
  • Lemak tak jenuh ganda Jika lemak tak jenuh tunggal baik untuk kesehatan jantung. Lemak tak jenuh ganda dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh. Omega 6 dan omega 3 termasuk ke dalam jenis lemak tak jenuh ganda. Jenis lemak ini adalah lemak yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh tapi penting untuk kesehatan tubuh.
  • Lemak jenuh Lemak jenis ini sebenarnya lebih baik dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Lemak jenuh akan tampak berbeda bentuknya dengan lemak tak jenuh karena biasanya berubah menjadi bentuk padat atau membeku di suhu ruangan biasa.
Sumber lemak tak jenuh ganda adalah makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6. Misalnya saja pada minyak ikan sarden, tuna, salmon, trout, makarel, atau kipper yang mengandung omega 3. Sedangkan yang mengandung omega 6 adalah minyak sayur yang terdapat di dalam beberapa jenis kacang-kacangan, alpukat, biji bunga matahari, dan jagung.

Ini yang namanya tak kenal maka tak sayang. Meski sering menjadi musuh bagi mereka yang tidak ingin terlihat gemuk dan ingin menjaga kesehatan, bukan berarti tubuh tidak benar-benar membutuhkan lemak. Fungsi lemak pada beberapa jenis lemak tertentu justru sangat baik menjaga keseimbangan pola makan dan kesehatan tubuh. Tapi ingat, segala yang berlebihan tidak akan baik untuk tubuh.