Jenis dan Pengobatan Kanker Karsinoma

Karsinoma adalah kanker yang pada mulanya tumbuh di sel-sel tubuh yang membentuk kulit atau jaringan yang kemudian melapisi organ tubuh, seperti ginjal atau hati. Tidak semua kanker adalah karsinoma karena cara penyebaran dan perkembangannya pun berbeda-beda. Persamaan karsinoma dengan kanker jenis lain adalah sama-sama merupakan sel abnormal yang membelah tanpa terkendali dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain.

Meskipun pada umumnya karsinoma mampu menyebar ke tempat lain, kadang-kadang sel kanker ini tidak menyebar, meski tetap bersifat ganas. Karsinoma yang tetap berada dalam sel asalnya ini dikenal dengan istilah in situ.

Apa Saja Jenis-Jenis Karsinoma?

Karsinoma merupakan salah satu jenis kanker. Beberapa contoh dari karsinoma adalah adenokarsinoma, karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel basal dan karsinoma sel ginjal. Beberapa jaringan tubuh yang dapat diserang oleh karsinoma adalah jaringan otak, pembuluh darah, tulang, saraf tulang belakang, atau sel sistem kekebalan tubuh.

Beberapa tipe karsinoma yang sering dibicarakan antara lain:

Karsinoma sel basal

Jenis ini adalah yang paling umum terjadi. Tipe ini menyerang sel-sel terdalam pada lapisan kulit terluar. Jenis kanker ini dapat menyebar ke tubuh bagian lain, meski sangat jarang terjadi. Ciri-ciri karsinoma sel basal dapat berupa bercak merah, luka terbuka, benjolan yang mengilap, atau berwarna merah muda. Biasanya karsinoma sel basal terjadi karena kulit Anda terlalu sering terpapar sinar matahari.

Adenokarsinoma

Adalah karsinoma yang tumbuh pertama kali di sel kelenjar. Sel-sel kelenjar tersebut memproduksi cairan dan lendir sehingga sifatnya berbeda dengan jenis karsinoma yang lain. Adenokarsinoma bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, seperti paru-paru atau pankreas.

Karsinoma sel ginjal

Sesuai namanya, karsinoma jenis ini adalah kanker yang tumbuh di dalam ginjal. Keberadaan sel abnormal ini baru bisa diketahui jika Anda melakukan CT scan atau USG. Sayangnya, kadang-kadang kanker ini terdeteksi ketika ukurannya sudah sangat besar, bahkan sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain.

Karsinoma sel skuamosa

Jenis kanker ini identik dengan kanker kulit. Tumbuhnya sel abnormal tersebut memang lebih sering muncul di kulit. Namun, sel kanker tersebut juga bisa tumbuh di bagian tubuh lain, misalnya saluran pencernaan, saluran pernapasan, serta organ-organ tubuh tertentu.

Meskipun sama-sama tumbuh di kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa keadaannya lebih parah, baik soal pertumbuhan maupun penyebarannya.

Karsinoma duktal in situ (DCIS)

Jenis ini merupakan sel prakanker. Tumbuhnya di dalam sel-sel saluran payudara. Disebut prakanker karena sel abnormal ini belum berkembang atau belum menyebar ke area di sekitarnya. Jika seorang wanita mengalami DCIS dan cepat terdeteksi, besar kemungkinannya untuk bisa disembuhkan.

Duktal karsinoma invasif

Ini adalah jenis kanker payudara. Pada mulanya sel abnormal tumbuh di dalam saluran susu dan menyebar ke dalam jaringan lemak payudara. Aliran darah dan sistem getah bening dapat menghantarkan kanker jenis ini untuk menyebar ke tubuh bagian lain.

Gejala yang dapat terbaca tentang kemungkinan adanya duktal karsinoma invasif adalah adanya benjolan di daerah ketiak, penebalan kulit payudara, pembengkakan yang hanya terjadi pada satu payudara, nyeri di satu payudara, ruam atau kemerahan pada payudara, serta puting payudara dengan posisi ke dalam. Cegah kanker payudara  dengan melakukan pemeriksaan SADARI.

Pengobatan untuk Karsinoma

Ada beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk melenyapkan karsinoma atau membuat kondisi Anda menjadi lebih baik, yaitu:

  • Terapi kanker menggunakan zat-zat kimia tertentu.
  • Terapi kanker menggunakan sinar radiasi dosis tinggi.
  • Tindakan pembedahan untuk mengangkat sel-sel kanker.
  • Terapi yang membantu sistem imunitas tubuh untuk melawan sel kanker.
  • Terapi hormon. Terapi yang bersifat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker yang menggunakan hormon untuk tumbuh dan berkembang.
  • Transplantasi sel. Prosedur perbaikan stem sel pembentuk darah yang biasanya telah rusak pada penderita kanker akibat dosis tinggi kemo dan radioterapi.
  • Terapi sel target. Terapi yang menargetkan perubahan pada sel kanker yang membantu sel kanker membelah, tumbuh dan menyebar.

Pilihan pengobatan ini akan sangat bergantung pada tipe karsinoma yang menyerang dan tingkat keparahan penyakit.

Meskipun karsinoma adalah jenis kanker yang memiliki berbagai sifat yang merusak tubuh, Anda masih memiliki harapan untuk sembuh. Berkonsultasilah kepada dokter mengenai jenis pengobatan yang tepat untuk Anda.