Jenis Salep Luka Bakar dan Khasiatnya

Luka bakar yang diakibatkan oleh beberapa kegiatan seperti memasak, menyetrika, bermain petasan dan kembang api, hingga terkena panasnya knalpot kendaraan bermotor, dapat diobati dengan beberapa jenis obat, di antaranya salep Bacitracin, salep Silver sulfadiazine, salep Mafenide acetate, krim atau salep lidah buaya, dan juga madu. Selain itu, Anda juga bisa memilih obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau paracetamol.

Luka bakar adalah cedera pada kulit atau jaringan organik lainnya yang disebabkan oleh panas atau karena radiasi, radioaktif, listrik, gesekan, atau kontak dengan bahan kimia. Luka bakar memiliki tiga tingkatan keparahan, dan gejalanya pun berbeda-beda.

ointment for burns

Luka bakar tingkat pertama adalah yang paling ringan dibanding dengan tingkat lainnya. Contoh dari luka bakar ini adalah luka bakar akibat sinar matahari (sunburn). Pada tingkat ini, luka bakar akan meninggalkan rasa sakit, kemerahan pada epidermis kulit (jaringan terluar kulit), peradangan atau pembengkakan, namun kulit tidak melepuh.

Luka bakar tingkat dua sendiri memengaruhi jaringan epidermis dan dermis (jaringan bawah kulit) dan biasanya terjadi karena adanya kontak kulit dengan benda yang panas, contohnya kompor atau knalpot kendaraan bermotor. Hal itu menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, bengkak, dan juga melepuh.

Sedangkan untuk luka bakar tingkat tiga ditandai dengan ketebalan luka bakar pada jaringan dermis dan memengaruhi jaringan yang lebih dalam lagi. Pada tingkat ini, luka bakar menghasilkan warna putih atau hitam, kulit menjadi hangus dan mungkin mati rasa, serta permukaan kulit pun menjadi kasar.

Jenis-Jenis Salep Luka Bakar dan Khasiatnya

Hampir sebagian tubuh Anda dilapisi oleh kulit yang merupakan salah satu organ terbesar tubuh. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kulit agar terhindar dari ancaman termasuk luka bakar, karena selain menyakitkan, luka bakar bisa mengganggu penampilan Anda. Banyak cara untuk mengobati luka bakar sesuai dengan tingkat keparahannya, di antaranya:

  • Salep luka bakar Bacitracin digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi kulit ringan yang disebabkan oleh luka kecil, goresan, termasuk luka bakar. Salep ini tersedia bebas di pasaran dan tanpa memerlukan resep dokter untuk pengobatan sendiri. Namun, salep ini tidak boleh digunakan untuk luka bakar dengan area yang luas. Antibiotik oles ini berguna untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini hanya bisa mencegah atau mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri saja, sedangkan infeksi kulit yang disebabkan oleh virus dan jamur tidak bisa ditangani menggunakan obat ini. Meskipun dijual bebas, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda menggunakan obat apa pun.
  • Salep luka bakar Silver sulfadiazine ini berguna untuk mengobati dan mencegah infeksi luka bakar pada tingkat keparahan dua dan tiga. Penggunaan salep ini menyebabkan area kulit yang dioleskan akan sensitif terhadap sinar matahari. Anda disarankan untuk melindungi area luka bakar dari paparan sinar matahari.
  • Krim atau salep lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar tingkat dua yang Anda alami. Bahkan berdasarkan penelitian, luka bakar yang diobati oleh salep/krim lidah buaya lebih cepat sembuh dibandingkan yang diobati oleh salep Silver sulfadiazine. Luka bakar yang diobati dengan salep lidah buaya sembuh dalam waktu kurang dari 16 hari, sedangkan luka yang diobati oleh salep Silver sulfadiazine sembuh dalam waktu 19 hari.
  • Mafenide acetate juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Obat ini bisa digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan obat lainnya. Obat ini dapat membunuh bakteri dan mengurangi risiko bakteri menyebar ke kulit di sekitarnya atau hingga ke darah, sehingga membantu mencegah infeksi darah yang serius. Obat ini juga berguna untuk mengobati infeksi luka bakar parah (tingkat ketiga).
  • Selain beberapa jenis salep yang telah dipaparkan di atas, madu juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar yang Anda alami. Madu bisa meningkatkan waktu penyembuhan lebih cepat untuk luka bakar tingkat satu dan dua, namun tidak untuk tingkat tiga. ¬†Tidak hanya madu, mentimun juga dipercaya dapat menyejukkan kulit yang terbakar sinar matahari. Namun, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda menggunakan madu, mentimun, atau obat apa pun untuk mengobati luka bakar Anda.
Jagalah keamanan Anda dan keluarga agar terhindar dari bahaya yang bisa menyebabkan luka bakar. Anda bisa membeli langsung salep luka bakar yang dijual bebas untuk mengatasi luka bakar ringan dan selalu ikuti petunjuk penggunaannya. Selalu perhatikan tanda-tanda apabila terjadi infeksi, dan jangan ragu untuk menanyakan langsung kepada dokter tentang kondisi Anda.