Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Dampak kepada Kesehatan serta Estetika

Jumlah gigi usia dewasa awal normalnya adalah 32 buah. Berbeda dengan gigi susu yang hanya berjumlah 20 buah. Gigi-gigi dewasa mulai tumbuh pada saat usia 12-14 tahun. Setelah itu, barulah tumbuh empat gigi tambahan untuk melengkapi jumlah keseluruhan menjadi 32 buah. Gigi yang terakhir tumbuh pada orang dewasa ini disebut gigi bungsu. Gigi bungsu tumbuh ketika Anda berusia 17-21 tahun.

Gigi adalah bagian paling keras pada tubuh manusia. Fungsi utama gigi adalah sebagai organ pendukung proses pencernaan, yaitu untuk mengoyak dan mengunyah makanan. Gigi juga berpengaruh kepada kemampuan dan kejelasan berbicara.

jumlah gigi orang dewasa - alodokter

Bagian-Bagian Pembentuk Gigi

Selama ini mungkin tidak banyak orang yang menyadari bahwa gigi memiliki bagian-bagian. Inilah bagian-bagian tersebut:

Enamel dan dentin

Bagian ini paling mudah dilihat karena letaknya paling luar, yaitu yang biasa Anda lihat berwarna putih. Enamel atau email terbuat dari mineral keras bernama kalsium fosfat.

Berada di bawah enamel adalah dentin yang terbuat dari sel hidup. Sel-sel inilah yang mengeluarkan zat mineral keras.

Pulpa

Terletak di dalam struktur gigi. Berbeda dengan dua bagian sebelumnya, tekstur pulpa lembut. Di sinilah saraf dan pembuluh darah berkumpul.

Sementum dan ligamen periodontal

Sementum adalah lapisan jaringan ikat yang berfungsi untuk mengikat akar gigi agar menempel erat pada tulang rahang dan gusi. Tugas jaringan cementum akan diperkuat oleh ligamen periodontal sebagai jaringan yang membantu menahan gigi menempel kokoh pada rahang.

Jumlah gigi orang dewasa yang 32 buah itu juga terbagi dalam beberapa jenis. Inilah jenis-jenis gigi orang dewasa:

  • Gigi seri, jumlahnya delapan buah. Letaknya di tengah deretan gigi. Terdiri dari empat buah gigi depan pada rahang atas dan bawah.
  • Gigi taring, jumlahnya empat buah. Letaknya di sebelah gigi seri. Berfungsi untuk merobek makanan.
  • Gigi geraham, jumlahnya delapan buah. Letaknya di mulut bagian belakang. Gigi ini berfungsi menggiling makanan sampai lembut.
  • Gigi premolar, jumlahnya delapan buah. Letaknya di antara gigi taring dan gigi geraham.
  • Gigi bungsu atau geraham bungsu, jumlahnya empat buah. Gigi ini baru akan tumbuh pada usia 18 tahun. Namun, keberadaannya kadang-kadang dapat mengganggu posisi gigi lain, sehingga harus dihilangkan dengan cara operasi.

Merawat Gigi Demi Kesehatan dan Estetika

Agar jumlah gigi dewasa tetap 32 buah dan kondisinya utuh, Anda disarankan untuk merawat gigi sedini mungkin. Merawat gigi bukan hanya menjaga kebersihannya semata, tapi juga memerhatikan susunan-susunan gigi tersebut. Jangan sampai Anda mengalami sakit gigi karena malas merawatnya.

Waktu yang paling ideal untuk mulai membiasakan memeriksakan gigi adalah pada usia 6-7 tahun. Pada saat ini dokter gigi atau ortodontis akan mengevaluasi pergeseran dan harmonisasi antara rahang atas dan bawah. Keuntungan dari memeriksa dan merawat gigi sejak dini adalah:

  • Mengurangi risiko gigi seri bagian atas lebih menonjol,
  • Menyelaraskan lebar lengkung gigi,
  • Menjaga pertumbuhan rahang tetap sesuai dengan yang semestinya,
  • Memperbaiki beberapa masalah kemampuan bicara,
  • Meningkatkan estetika,
  • Mengurangi kemungkinan gigi permanen tumbuh dengan posisi yang salah.

Jumlah gigi orang dewasa sebanyak 32 buah harus dirawat dengan benar secara merata sebab gigi yang sudah telanjur rusak tidak akan membaik dengan sendirinya atau tumbuh kembali menggantikan yang rusak. Apalagi, jika mengingat bahwa gigi bukan hanya berfungsi sebagai jaringan pendukung organ pencernaan, tetapi juga sebagai pendukung estetika yang memengaruhi penampilan wajah.

Konsultasikan kepada dokter gigi mengenai kesehatan mulut serta gigi dan/atau jika Anda merasa tidak percaya diri dengan penampilan gigi sendiri dan menginginkan upaya perbaikan susunan gigi dengan kawat gigi.

 

TAGS: gigi.