Jus Strawberry dan Manfaatnya untuk Tubuh

Mengonsumsi jus strawberry tidak lebih sehat dibandingkan mengonsumsi buahnya secara langsung. Namun, mengonsumsi jus strawberry bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan manfaat dari buah strawberry.

Jus merupakan sari dari buah ataupun sayuran yang diekstrak. Jus biasanya mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan beberapa kandungan lainnya yang terdapat pada buah atau sayuran. Misalnya pada jus strawberry, Anda akan menemukan kandungan vitamin C, kalsium, folat, kalium, mineral, dan beberapa kandungan lainnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat strawberry yang terkandung di dalam jus strawberry.

jus strawberry dan manfaatnya untuk tubuh - alodokter

  • Baik untuk kesehatan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan, seseorang yang mengonsumsi strawberry secara teratur akan mengalami penurunan risiko terjadinya peradangan pada pembuluh darah dan memiliki tekanan darah lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi strawberry secara teratur. Kandungan antioksidan (antosianin) yang terdapat pada kulit strawberry juga memiliki sifat antikoagulan yang membantu menghambat pembekuan darah sebagai pemicu stroke. Kandungan kalium pada strawberry juga dapat membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

  • Baik untuk kesehatan kulit

Strawberry memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk dan grapefruit. Kandungan vitamin C pada strawberry dinilai bermanfaat dalam mencegah penuaan dini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C memiliki keriput yang lebih sedikit. Tidak hanya itu saja, vitamin C yang terdapat pada strawberry juga mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan memecah sel kolagen yang menyebabkan timbulnya garis-garis halus pada kulit.

Sebagai tips tambahan, cobalah gabungkan juga rasberi dan blueberry ke dalam jus strawberry untuk menjadi segelas minuman smoothie yang menyehatkan. Tapi jangan dihabiskan semua, sisakan sedikit untuk dioleskan pada wajah dan didiamkan selama 8-10 menit sebelum dibilas hingga bersih dengan air untuk mendapatkan efek ekstra yang bagus untuk kulit wajah.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asupan vitamin C harian dapat tercukupi dalam satu cangkir buah strawberry. Tercukupinya asupan vitamin C akan berdampak kepada sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat. Karena itulah, mereka yang menjadikan strawberry sebagai camilan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dalam melawan penyakit flu, pilek, dan penyakit infeksi lainnya.

  • Mengurangi peradangan organ tubuh bagian dalam

Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa buah strawberry dapat menurunkan kadar protein C-reaktif di dalam darah sebagai penyebab berbagai masalah peradangan tubuh. Sifat anti-inflamasi yang terdapat di dalam buah strawberry juga tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi  juga dapat menurunkan risiko rheumatoid arthritis dan lupus.

  • Mengurangi risiko penyakit katarak

Sebuah studi menunjukkan bahwa vitamin C tidak hanya membantu mencegah flu saja, tetapi juga dapat mencegah penyakit yang lebih serius seperti katarak. Meskipun penyakit katarak tidak sepenuhnya bisa dicegah, namun setidaknya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, risiko terkena penyakit katarak bisa dikurangi.

Bagi penderita katarak sendiri, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dapat membuat kondisi penyakit katarak tidak cepat memburuk secara signifikan. Terkait hubungan vitamin C dan katarak, sebuah penelitian pun menunjukkan bahwa cairan pada mata rupanya mengandung vitamin C tinggi yang pada dasarnya berfungsi membantu mencegah oksidasi yang dapat mengurangi kejernihan lensa mata. Karena itulah, kecukupan asupan vitamin C diyakini dapat meningkatkan jumlah vitamin dalam cairan mata sehingga mampu memberikan perlindungan lebih kuat terhadap risiko penyakit katarak.

  • Mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah strawberry, seperti antosianin dapat menetralkan atau melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Menjadikan jus strawberry sebagai minuman yang dikonsumsi sehari-hari akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, Anda harus mengonsultasikan kepada dokter mengenai berapa takaran jus strawberry yang dibutuhkan oleh tubuh tiap harinya.