Kapalan di Kaki, Cegah dan Atasi dengan Cara Ini

Kapalan di kaki dapat mengganggu kenyamanan Anda saat berjalan. Jangan biarkan kapalan muncul dan mengganggu aktivitas Anda. Kenali cara mencegah kapalan berikut ini.

Kapalan (callus) adalah bagian kulit yang menebal atau mengeras sebagai bentuk perlindungan kulit terhadap tekanan dan gesekan. Kapalan akan melindungi kulit agar tidak melepuh atau rusak. Bagian kulit yang mengalami kapalan biasanya akan berwarna agak kuning dan menjadi kurang sensitif. Kapalan umumnya muncul di kaki, tapi juga dapat muncul di bagian buku-buku jari (knuckle) dan tangan.

kapalan di kaki, cegah dan atasi dengan cara ini - alodokter

Kapalan tidak sama dengan mata ikan (corn). Mata ikan cenderung memiliki ukuran yang kecil, bulatan melingkar (round circle) dan keras, sedangkan kapalan berukuran lebih luas dengan tepi yang kurang jelas. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kapalan yang perlu Anda ketahui:

  • Memilih sepatu yang tepat. Sepatu yang terlalu kecil atau tidak memiliki panjang dan lebar yang tepat dapat memicu munculnya kapalan di kaki. Jadi, pastikan bahwa ukuran sepatu yang Anda gunakan sudah tepat dan tidak terlalu sempit.
  • Ganti sepatu Anda secara teratur. Bagian sepatu yang sudah rusak atau usang, seperti lapisan sepatu dan sol, tidak hanya menganggu kenyaman dalam menggenakan sepatu tapi juga bisa memicu kapalan. Lapisan yang sudah usang dapat menjadi tempat perlindungan bakteri. Sedangkan sol yang sudah usang dapat menjadi kurang mampu melindungi kaki saat berjalan di permukaan yang keras.  Jadi, disarankan agar Anda mengganti atau memperbaiki sepatu Anda secara teratur guna menghindari kapalan di kaki.
  • Hindari terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi. Bagi Anda yang suka menggunakan sepatu hak tinggi, disarankan menghindari terlalu sering memakainya. Selain sepatu hak tinggi, sepatu yang memiliki bentuk ujung yang lancip juga dapat memicu kapalan di kaki. Agar terhindar dari kapalan yang disebabkan oleh jenis sepatu ini, cobalah untuk mengurangi tinggi hak sepatu Anda.
  • Hindari menggunakan sepatu dengan tinggi hak berbeda. Tidak hanya sepatu dengan hak tinggi yang dapat memicu kapalan, sepatu yang sudah usang dan memiliki tinggi hak yang berbeda juga bisa menjadi pemicunya. Pasalnya, kondisi sepatu seperti ini dapat menimbulkan tekanan yang berbeda pada tulang tumit Anda, dan tekanan inilah yang bisa menimbulkan kapalan.

Jika Kapalan di Kaki Terlanjur Muncul, Atasi dengan Cara Ini

Jika kapalan sudah terlanjur muncul, jangan sedih. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kapalan:
  • Rendam kaki di dalam air hangat. Cara ini bisa membantu Anda melunakkan kapalan, sehingga Anda akan lebih mudah menghilangkan kulit keras.
  • Oleskan pelembap pada bagian kulit yang kapalan. Selain merendam di dalam air hangat, memberikan pelembap juga dapat melunakan kapalan.
  • Gunakan bantalan. Agar kapalan di kaki tidak terlalu mengganggu Anda saat berjalan, cobalah untuk menggunakan bantalan yang dapat Anda beli di apotik. Bantalan ini dapat melindungi kulit yang mengalami kapalan. Namun, perhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya. Hati-hati dalam menggunakan bantalan yang mengandung salicylic acid, karena bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan infeksi.
  • Hilangkan lapisan kulit keras perlahan. Anda dapat menggunakan kain lap, batu apung, papan amril, atau kikir kuku untuk membantu menghilangkan lapisan kulit Anda yang mengeras karena kapalan.
Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Terlebih lagi jika kapalan yang Anda alami semakin parah dan menyakitkan. Biasanya, dokter akan memberikan obat yang dapat menghilangkan kapalan, memangkas kulit berlebih, obat untuk mengurangi infeksi, atau bahkan menjalankan prosedur operasi untuk kapalan yang sudah parah. Bagi Anda yang mengidap diabetes, tidak disarankan melakukan pengobatan sendiri yang dapat melukai kulit Anda.

Kapalan bisa mengganggu konsentrasi dan kenyaman Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari, jadi pastikan Anda melakukan beberapa cara di atas untuk menghindari dan mengatasi kapalan di kaki. Terutama pelaku aktivitas yang membutuhkan banyak berjalan.