Katakan Selamat Tinggal pada Bahaya Kutu Rambut

Kalau rambut kamu terasa gatal dan terlihat ada banyak objek kecil berwarna putih (bukan ketombe) atau abu-abu kecokelatan, bisa jadi itu adalah kutu rambut. Jika didiamkan dan tidak diobati dengan segera, bahaya kutu rambut bisa menyebar ke mana-mana.

Siapa, sih, yang mau rambutnya berkutu? Membuat rambut terasa gatal dan menurunkan rasa percaya diri karena malu. Hewan parasit yang satu ini betah hidup di atas kepala dan meminum darah manusia. Biasanya, mereka mendekam dekat kulit kepala, terutama di batas rambut dekat leher dan di belakang telinga. Apabila kamu merasa ada sesuatu yang bergerak di rambut dan kepala terasa gatal, terutama di malam hari, perlu dicurigai itu merupakan gejala kutu rambut.

Katakan Selamat Tinggal pada Bahaya Kutu Rambut - alodokter

Kamu tidak mau, bukan, rambut indah kamu dihiasi oleh gerombolan makhluk pengisap darah ini? Karena, walaupun ukurannya kecil, kutu rambut ini sama sekali tidak ada lucu-lucunya. Bahkan jika dibiarkan, bahaya kutu rambut bisa merembet ke mana-mana. Dan yang rugi bukan hanya kamu, tapi juga orang-orang di sekitar kamu.

Berikut beberapa bahaya kutu rambut jika tidak segera dibasmi:

  • Munculnya ruam gatal di bagian belakang leher dan telinga yang disebabkan oleh reaksi terhadap kotoran dari kutu rambut.
  • Walau tidak menyebarkan penyakit, kutu rambut membuat kulit kepala kita gatal dan iritasi. Kita pun pasti bakal sering menggaruk rambut. Nah, kebiasaan menggaruk kepala ini bisa menyebabkan luka atau infeksi di kulit kepala.
  • Kutu rambut dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain dengan kontak langsung antar- Bisa juga melalui perantara benda yang digunakan bersama-sama seperti topi, jepitan rambut, sisir, handuk, atau bantal.
  • Kurang tidur. Kutu rambut paling aktif bergerak di malam hari atau dalam suasana gelap. Jika kamu garuk-garuk kepala terus semalaman, waktu tidur kamu kemungkinan akan berkurang.
  • Jika tidak segera diobati, kutu rambut di kepala bisa bertambah banyak. Dari yang biasanya (rata-rata) 10 ekor saat awal terinfeksi menjadi 20 ekor.
  • Bahaya kutu rambut yang terakhir adalah perasaan Anak kecil atau orang dewasa yang punya kutu kemungkinan akan diejek oleh teman-temannya di sekolah atau di kantor.
Jika tidak ingin bahaya kutu rambut terjadi dan menyebar secara berkesinambungan, bebaskan rambut indah kamu dari cengkeraman hewan menyebalkan ini. Caranya pun mudah dan tidak akan menguras kantong.

Perawatan rambut

Belilah sisir khusus untuk menyingkirkan kutu, alias sisir kutu yang jarak antargiginya lebih rapat dari sisir biasa. Kemudian, keramas seperti biasa menggunakan sampo dan pelembap rambut. Setelah menggunakan pelembap rambut, sisir rambut dengan sisir kutu. Ketika rambut disisir, pastikan memulainya dari akar rambut. Pastikan pula ujung sisir menyentuh kulit kepala. Kemudian tarik sisir dari akar ke ujung rambut dalam satu gerakan tanpa henti dan bersihkan sisir kutu dengan tisu. Lakukan gerakan tersebut pada seluruh bagian rambut, setidaknya dua kali, untuk membantu memastikan tidak ada lagi kutu yang ditemukan. Dan, ulangi menyisiri rambut pada hari ke-5, ke-9, dan ke-13 untuk menyingkirkan kutu yang tertinggal.

Obat kutu

Kamu juga bisa membasmi kutu di rambut dengan menggunakan obat kutu yang dijual bebas di apotek. Ikuti petunjuk yang ada dalam kemasan agar pengobatan bekerja dengan sempurna. Tidak disarankan untuk keramas menggunakan sampo atau kondisioner sebelum menggunakan obat kutu. Jangan juga mencuci rambut selama 1-2 hari setelah obat kutu digunakan. Bila setelah 8-12 jam kutu masih terlihat aktif dan tidak terpengaruh dengan obat, segera konsultasikan kondisi kamu dengan dokter.

Adanya kutu di rambut bukan menjadi pertanda jika kamu itu jorok atau tidak menjaga kebersihan. Tak peduli seberapa rajin atau jarangnya kamu keramas dan mandi, kutu rambut bisa menimpa siapa saja. Kutu rambut juga tidak memandang status ekonomi, tingkat usia, dan ukuran panjang rambut. Namun, satu yang harus diingat, jika kedua cara di atas tidak mempan untuk menanggulangi bahaya kutu rambut, segera berobat ke dokter ahli.