Kenali Ciri-ciri Trauma Tumpul Abdomen yang Mudah Terdeteksi

Trauma abdomen merupakan cedera yang terjadi pada perut. Trauma abdomen bisa dikenali dari tanda dan gejalanya, yaitu perut terasa nyeri dan kaku, serta ada memar pada bagian luar perut. Cedera yang satu ini bisa menimbulkan infeksi dan kehilangan darah yang parah.

Setidaknya ada dua jenis trauma abdomen yang dikenal dalam dunia medis, yaitu trauma tumpul dan trauma tusuk.

  • Trauma tumpul abdomen disebabkan oleh tekanan (pukulan langsung, pukulan tidak langsung, sabuk pengaman, dan lain sebagainya) atau tenaga/gaya yang melambat. Pada trauma abdomen tumpul, organ yang paling sering rusak adalah limpa dan hati.
  • Trauma tembus abdomen disebabkan oleh luka tembak, pecahan peluru, atau luka tusuk yang memasuki rongga perut.
Kenali Ciri-ciri Trauma Tumpul Abdomen yang Mudah Terdeteksi - alodokter

Trauma Abdomen Tumpul

Trauma abdomen tumpul adalah penyebab utama kematian pada semua kelompok umur. Hal tersebut terjadi karena tanda-tanda cedera pada trauma jenis ini terkadang tidak muncul selama pemeriksaan dan pengobatan awal. Bisa juga karena pemeriksaan awal tidak akurat.

Mayoritas kasus trauma abdomen tumpul disebabkan oleh tabrakan antar kendaraan bermotor, atau ketika kendaraan bermotor menabrak pejalan kaki. Diikuti oleh perut yang dipukul atau terpukul, jatuh dari ketingian, kekerasan pada anak, dan kekerasan dalam rumah tangga. Limpa dan hati merupakan organ yang paling sering mengalami cedera akibat trauma tumpul abdomen, selain itu cedera juga dapat tejadi pada pada pankreas, usus, mesenterium, kandung kemih, diafragma, ginjal, dan aorta abdominal juga bisa terjadi walaupun kurang umum.

Pada pasien dengan trauma abdomen tumpul, tanda-tanda atau gejala cedera bisa dilihat dari apakah pasien merasakan sakit di bagian perut terutama bila ditekan, adanya pendarahan di dalam perut, volume darah menurun (hipovolemia), dan adanya bukti iritasi pada jaringan yang melapisi dinding perut dan mencakup sebagian besar organ dalam perut (iritasi peritoneal).

Pada pemeriksaan fisik yang tampak oleh mata telanjang, ada beberapa pola cedera yang bisa menjadi pertanda seseorang menderita trauma abdomen tumpul, misalnya:

  • Tanda lingkaran ikat pinggang, berhubungan dengan rusaknya usus kecil.
  • Memar yang bentuknya seperti kemudi kendaraan beroda empat.
  • Dalam beberapa jam atau hari, warna kulit di sisi samping tubuh (Grey Turner sign) atau di pusar (Cullen sign) berubah. Ini menunjukkan adanya pen
  • Tulang rusuk bagian bawah tidak stabil dan terdapat tanda patah tulang, menunjukkan potensi cedera limpa atau hati.
  • Perut terlihat pucat dan terasa penuh ketika diraba, mengindikasikan pendarahan di dalam perut.
  • Perut terasa nyeri, tegang, kaku, atau lunak,menunjukkan adanya cedera peritoneal.
  • Perut yang meregang, terjadi ketika zat seperti udara (gas) atau cairan menumpuk di perut, sehingga membuat perut dan pinggang membesar tidak seperti biasanya.
Jika Anda mengalami benturan atau kecelakaan jangan ragu untuk pergi ke rumah sakit dan memeriksakan kondisi tubuh agar terdeteksi apakah ada trauma abdomen atau trauma lainnya.