Kenali Penyebab dan Pilihan Obat Ketombe

Walaupun tidak berbahaya dan tidak menular, ketombe dapat mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri. Penggunaan sampo anti ketombe sebagai obat ketombe adalah salah satu cara yang efektif.

Ketombe adalah kondisi kulit yang terjadi pada kulit kepala, ditandai dengan adanya pengelupasan kulit dan serpihan berwarna putih pada kulit kepala. Hal ini dapat menyebabkan kulit kepala Anda bersisik dan terasa gatal.

Penyebab Ketombe

Timbulnya ketombe pada kulit kepala bisa disebabkan oleh beragam hal, seperti:

  • Iritasi dan kulit berminyak, atau dikenal sebagai dermatitis seboroik.
  • Jamur Malassezia yang mengiritasi kulit kepala.
  • Kulit kepala kering, yang biasanya disertai dengan kulit kering di bagian tubuh lain.
  • Jarang keramas sehingga minyak dan sel kulit mati menumpuk.
  • Sensitif terhadap bahan-bahan dalam produk perawatan rambut.
  • Eksim, psoriasis, dan reaksi alergi juga diduga berpengaruh pada ketombe.

Pria diketahui cenderung lebih sering mengalami ketombe daripada wanita. Usia dewasa juga lebih berisiko terhadap ketombe, dibandingkan dengan kelompok usia lainnya. Selain itu, ada faktor lain yang memperbesar risiko ketombe, seperti memiliki kulit kepala dan rambut berminyak, imunitas tubuh yang lemah, dan menderita penyakit tertentu, seperti misalnya penyakit Parkinson.

Perawatan dengan Sampo Ketombe

Pengobatan untuk ketombe tergantung dari penyebabnya. Obat ketombe yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe sebagai perawatan pada rambut dan kulit kepala. Sampo ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi minyak dan penumpukan sel kulit.

Anda dapat menggunakan sampo setiap hari hingga ketombe hilang. Selanjutnya penggunaan dapat dikurangi frekuensinya menjadi dua atau tiga kali dalam seminggu. Jika muncul reaksi gatal, ruam, dan bentol pada kulit kepala setelah menggunakan salah satu jenis produk, Anda perlu berhenti menggunakannya. Itu berarti Anda mungkin tidak cocok dengan produk tersebut. Anda dapat mencoba beberapa jenis sampo, hingga menemukan yang cocok.

Sampo anti ketombe yang efektif antara lain mengandung:

  • Zinc pyrithione.
    Bahan-bahan ini dikenal sebagai antijamur dan antibakteri. Jenis sampo ini dapat mengurangi jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe dan dermatitis seboroik.
  • Asam Salisilat.
    Berupa scrub untuk kulit kepala Anda yang dapat membantu menghilangkan kerak dan lapisan kulit mati pada kulit kepala, tetapi dapat menyebabkan pengelupasan lebih banyak. Gunakan kondisioner setelah selesai keramas dengan sampo berbahan ini, agar terhindar dari kulit kepala kering dan iritasi.
  • Selenium Sulfida.
    Jenis sampo ini dapat menghambat kematian pada sel kulit dan mengurangi jamur jenis Malassezia dan membasmi jamur lain di kepala seperti pada tinea kapitis. Gunakan sampo sesuai dengan petunjuk dan bilas rambut dengan bersih, karena selenium sulfida dapat memicu perubahan warna rambut terlebih pada rambut yang diwarnai. Kadang sampo berbahan ini juga dapat memicu iritasi dan rambut rontok. Hentikan penggunaan sampo ini jika terdapat keluhan berlanjut setelah pemakaian.
  • Sampo berbahan Tar.
    Sampo jenis ini dapat digunakan untuk mengatasi ketombe, dermatitis seboroik, dan psoriasis karena dapat memperlambat matinya sel-sel kulit kepala, membasmi jamur, dan mengurangi radang di kulit kepala. Tar mempunyai efek samping yang sama dengan sampo berbahan selenium sulfida, yaitu dapat mengubah warna rambut. Penggunaan sampo berbahan tar ini juga dapat meningkatkan sensitivitas kulit kepala terhadap paparan sinar matahari.
  • Ketoconazole.
    Bahan ini merupakan obat antijamur spektrum luas yang dapat membasmi jamur dermatofita penyebab tinea kapitis, Malassezia, dan jamur Candida. Sampo berbahan ini dapat digunakan ketika jenis sampo lain tidak berhasil mengatasi ketombe. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, salep, dan sampo, baik sebagai produk perawatan rambut bebas atau melalui resep dokter.

Selain sampo khusus antiketombe di atas, terdapat produk berbahan alami yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi ketombe yang mengganggu. Produk tersebut mengandung berbagai bahan, diantaranya tea tree oil, Eucalyptus oil, dan minyak serai. Jika terdapat reaksi iritasi seperti gatal-gatal, kulit kepala kemerahan dan semakin mengelupas, segera hentikan pemakaian produk tersebut.

Begitu pula jika Anda sudah menggunakan sampo anti ketombe selama beberapa minggu, namun kondisi tidak membaik. Konsultasi dengan dokter atau spesialis kulit. Kemungkinan dokter akan memberikan sampo anti ketombe yang lebih kuat atau losion yang mengandung kortikosteroid.

Mencegah Ketombe Datang Kembali

Gunakanlah produk perawatan rambut dengan pelembap untuk kulit kepala kering. Sebaliknya, untuk Anda yang memiliki kulit kepala berminyak sebaiknya menggunakan sampo khusus dengan formulasi yang lebih kuat untuk membersihkan rambut dan kulit kepala.

Lalu, batasi produk perawatan rambut yang meninggalkan residu. Produk ini tidak hanya menimbulkan serpihan pada kulit saja, tetapi juga dapat mengiritasi kulit kepala hingga menjadi kering. Bersihkan rambut dan kulit kepala dengan baik dan benar agar bahan-bahan tersebut terbilas sepenuhnya saat anda keramas.

Selain menggunakan obat ketombe, Anda juga disarankan untuk keramas serta melakukan perawatan rambut dan kulit kepala secara teratur, mengelola stres dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal ini diharapkan akan menghilangkan, sekaligus mencegah ketombe muncul kembali.