Kenali Penyebab Nafas Pendek

Nafas pendek atau yang disebut juga dengan dyspnea merupakan kondisi di mana penderita merasakan kesulitan bernafas yang disebabkan oleh beragam faktor. Meski nafas pendek mungkin terjadi ketika Anda melakukan kegiatan yang cukup berat, nafas pendek yang terjadi secara tiba-tiba atau dalam jangka waktu panjang, bisa berbahaya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami nafas pendek. Baik nafas pendek dalam jangka waktu panjang atau yang terjadi secara tiba-tiba. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya berdasarkan waktu terjadinya nafas pendek.

kenali penyebab nafas pendek - alodokter

Penyebab Nafas Pendek yang Terjadi Secara Mendadak

Nafas pendek yang terjadi secara mendadak dapat terjadi karena adanya serangan panik, masalah dengan kesehatan jantung, atau paru-paru. Pasalnya, paru-paru dan jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk melepaskan karbondioksida dan menyalurkan oksigen ke jaringan tubuh Anda. Sehingga, gangguan pada kedua organ ini dapat membahayakan kelancaran bernafas.

  • Nafas Pendek yang Disebabkan Masalah Jantung
    Seseorang yang mengalami gagal jantung dapat merasakan kesulitan dalam bernafas, yang menyebabkan nafas menjadi pendek. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada pemompaan darah di jantung yang disebabkan oleh gangguan pada otot jantung. Kondisi ini memungkinkan terjadinya penumpukan air di dalam paru-paru yang menyebabkan nafas pendek atau kesulitan dalam bernafas. Pada gangguan jantung seperti serangan jantung, nafas pendek juga dapat menjadi salah satu gejala yang muncul. Meski tanpa gejala dada sakit.
  • Nafas Pendek yang Disebabkan oleh Gangguan Paru
    Nafas pendek yang terjadi secara tiba-tiba juga dapat dialami oleh mereka yang menderita asma. Hal ini terjadi karena munculnya cairan kental di jalur udara yang menyempit dan membuat udara kesulitan keluar atau masuk. Sehingga, kondisi ini menyebabkan penderita kesulitan bernafas, batuk, dan mengi.

Selain itu, nafas pendek mendadak juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti pneumothorax, pleural effusion, reaksi alergi parah, diabetes ketoasidosis, fibrosis paru idiopatik, dan emboli paru.

Penyebab Nafas Pendek Jangka Panjang

Nafas pendek jangka panjang atau kronis, dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nafas pendek jangka panjang.

  • Anemia
    Anemia dapat menyebabkan kesulitan dalam bernafas dan kelelahan. Hal ini terjadi karena pada penderita anemia, darah tidak memiliki cukup hemoglobin yang dapat membawa oksigen ke sel-sel tubuh.
  • Masalah Gangguan Detak Jantung
    Detak jantung yang tidak teratur dapat mengganggu kelancaran pemompaan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Sehingga dapat membuat Anda bernafas cepat atau pendek guna mendapatkan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa kondisi seperti obesitas, PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik, dan asma juga dapat menjadi penyebab nafas pendek jangka panjang.

Nafas pendek dapat terjadi secara mendadak atau terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Jika Anda atau kerabat Anda mengalami nafas pendek secara tiba-tiba, segeralah bawa ke dokter. Begitu pula jika nafas pendek terjadi dalam jangka waktu panjang, periksakan diri ke dokter agar penyebabnya dapat diatasi lebih awal.