Kenali Pepaya, Si Pemutih Kulit Alami

Beberapa produk perawatan kulit seperti krim wajah maupun krim tubuh, menggunakan pepaya sebagai salah satu bahan pembuatannya. Pepaya diperkirakan bagus untuk kulit karena mengandung nutrisi di dalamnya..

Pepaya mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan lemon membuat pepaya diperkirakan dapat menjadi pemutih kulit alami. Vitamin C yang terkandung di dalam 100 gram pepaya adalah 75%, sedangkan pada 100 gram lemon hanya terkandung sekitar 64% vitamin C. Bahkan, satu buah pepaya yang besar dapat mengandung 235 mg vitamin C, lebih dari apa yang Anda butuhkan dalam sehari.

kenali pepaya, si pemutih kulit alami - alodokter

Vitamin C dapat membantu dalam proses depigmentasi atau menghilangkan pigmentasi kulit. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat mengurangi pembentukan melanin. Tapi karena vitamin C tergolong senyawa yang tidak stabil, maka vitamin ini sering dikombinasikan dengan agen depigmentasi lainnya seperti kedelai dan tanaman akar licorice.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu dalam mengatasi penuaan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C, memiliki lebih sedikit keriput, kulit tidak kering, dan mengalami lebih sedikit penuaan pada kulit. Bisa jadi ini karena manfaat vitamin C yang merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan membantu pembentukan kolagen.

Selain vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin A yang bagus untuk mengatasi kerutan di wajah, jerawat, serta masalah kulit lainnya.

Pepaya Untuk Kulit yang Lebih Cerah

Menurut sebagian ahli kulit, dengan beragam kandungan vitamin di dalamnya, pepaya diperkirakan dapat digunakan sebagai pencerah dan pengencang kulit. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dengan perawatan memakai pepaya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah.
  • Bubur pepaya Untuk membuat bubur pepaya ini caranya cukup mudah. Potong pepaya menjadi dua bagian, kemudian bersihkan biji pepaya dan buang kulitnya. Potong-potong pepaya kemudian masukkan ke dalam mangkuk atau wadah lainnya, lalu tuangkan setengah gelas air. Aduk hingga pepaya menjadi bubur. Baru setelah itu, simpan pepaya di dalam kulkas. Gunakan sebagai masker setidaknya tiga kali dalam seminggu.
  • Masker pepaya dengan campuran Selain hanya menggunakan daging buah pepaya dicampur air, Anda juga bisa menggunakan kulit serta biji buah pepaya yang dipadukan dengan campuran lainnya seperti madu dan lemon. Untuk membuat campuran dengan madu, Anda bisa mencampurkan ekstrak biji pepaya dengan madu saja atau ditambah buah pepaya yang sudah dihancurkan. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya sebagai masker.Ekstrak biji pepaya sendiri bisa dibeli secara bebas atau Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya adalah dengan menghancurkan biji pepaya, kemudian rendam di dalam air selama dua minggu. Jangan lupa untuk mengocoknya setiap hari. Setelah dua minggu, saring untuk memisahkan ampas dengan air. Kemudian, yang akan Anda gunakan adalah airnya sebagai campuran masker.Masker wajah bisa dibuat dengan menggunakan kulit, daging, dan ekstrak biji pepaya yang sudah dihancurkan dengan perasan jeruk lemon. herba,
Meski pepaya mengandung banyak vitamin C dan dipercaya bagus untuk kulit. Perlu dilakukan lebih banyak lagi penelitian untuk memastikan bahwa pepaya merupakan pemutih kulit alami yang tepat. Terlepas dari kandungan vitamin C yang tinggi serta vitamin A, pepaya mengandung banyak nutrisi lain. Misalnya vitamin E, alfa dan beta karotin, vitamin B, kalsium, folat, magnesium, kalium, vitamin K, likopen, serat, dan beragam nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.