Kenapa Feses Berwarna Hitam? Ini Jawabannya

Kotoran manusia merupakan sisa metabolisme dari sistem pencernaan yang bisa berbentuk padat atau setengah padat. Feses berwarna hitam bisa dianggap sebagai gambaran dari kesehatan seseorang secara umum. Kondisi ini bisa berkenaan dengan cara menjalani diet makanan atau kondisi sistem pencernaan itu sendiri.

Selain memiliki variasi dari sisi warna, feses manusia juga memiliki variasi dalam bentuk ukuran maupun tekstur. Namun secara umum, kotoran manusia pada umumnya memiliki ciri-ciri setengah padat yang dilapisi lendir. Adapun warna feses normal adalah cokelat terang hingga cokelat gelap.

kenapa feses berwarna hitam ini jawabannya - alodokter

Beberapa Hal yang Bisa Melatarbelakangi Feses Berwarna Hitam

Banyak faktor yang mungkin menyebabkan feses berwarna hitam. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Pendarahan saluran cerna

Seseorang yang memiliki feses berwarna hitam disarankan untuk tidak menganggap remeh hal tersebut. Sebab mungkin saja yang menyebabkan warna hitam pada kotoran tersebut adalah pendarahan akut di saluran cerna bagian atas atau biasa dikenal dengan upper gastrointestinal bleeding (UGIB).

Perdarahan gastrointestinal bagian atas ini patut diwaspadai karena selain tingginya tingkat kesakitan, biaya perawatan untuk menanganinya tidak murah. Belum lagi jika mempertimbangkan bahwa kondisi medis ini dapat mengakibatkan kematian. Selain efeknya kepada feses berwarna hitam, kondisi ini juga biasa ditandai dengan memuntahkan darah atau cairan berwarna hitam menyerupai larutan kopi. Pada kondisi yang parah, pendarahan pencernaan bagian atas kemungkinan menjelma menjadi hematochezia atau berak darah.

  • Sirosis yang sudah parah

Penyebab feses berwarna hitam lainnya bisa akibat penyakit sirosis yang sudah mencapai tahap mengkhawatirkan alias sudah parah. Darah yang tidak bisa mengalir melalui organ hati dengan benar menyebabkan penumpukan darah di pembuluh yang membawa darah dari usus ke hati. Jika terjadi secara terus-menerus, penumpukan yang akan memicu meningkatnya tekanan darah ini dapat menyebabkan pendarahan internal. Tanda-tanda kepada pendarahan internal ini bisa terlihat dari kondisi muntahan atau kotoran penderitanya.

Pada dasarnya, organ hati berfungsi menyaring racun, mengatur gula darah, dan mengendalikan tingkat kolesterol di dalam darah. Seiring waktu, racun yang seharusnya dibuang justru berkumpul akibat terhambatnya aliran darah. Pada akhirnya racun akan merusak organ atau disebut gagal organ. Ketika gagal organ sudah terjadi, maka risiko kematian mengintai penderita sirosis.

  • Mengonsumsi obat tertentu

Kondisi feses berwarna hitam belum tentu mengindikasikan hal-hal yang mengkhawatirkan sebagaimana kondisi penderita penyakit sirosis karena masih ada penyebab lainnya, yaitu ketika seseorang mengonsumsi vitamin yang mengandung zat besi. Kotoran yang berwarna hitam juga dianggap umum bagi mereka yang mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bismut subsalisilat.

  • Diet makanan tertentu

Jika penyebab feses berwarna hitam di atas berkaitan dengan kondisi medis atau konsumsi obat, maka penyebab yang satu ini terkait dengan makanan yang dikonsumsi seseorang. Mereka yang mengonsumsi buah bit dan blueberry mungkin akan mendapati kotoran mereka berwarna hitam.

Jika seseorang tidak mengonsumsi makanan dan obat-obatan terkait seperti di atas, namun mengeluarkan feses berwarna hitam, maka kemungkinan besar terdapat gangguan kesehatan. Untuk mengetahui dengan jelas apa penyebab serta bagaimana menanganinya dengan tepat, sebaiknya segera hubungi dokter.