Kenapa Ibu Hamil Sering mengalami Mata Bengkak?

Bagi Bunda yang sedang hamil, pernahkah bangun tidur di pagi hari dengan mata terasa berat dan bengkak? Mata bengkak pada ibu hamil sering terjadi dan pada tingkatan tertentu bisa dianggap normal saja. Meski begitu, perlu diwaspadai juga bahwa faktor usia dan kelelahan bisa menjadikan kantong mata terlihat lebih menonjol.

Pembengkakan di sekitar mata atau istilah medisnya pembengkakan periorbital seringkali disebabkan oleh penumpukan cairan dalam jaringan di area sekitar mata yang disebut orbital. Pembengkakan minor biasanya terlihat hanya di bagian bawah mata, walaupun pada beberapa kasus juga bisa terlihat di sekeliling mata. Mata atau jaringan periorbital merupakan area yang paling jelas terlihat bengkak saat bangun tidur, kemungkinan karena faktor gravitasi saat tubuh kita berbaring membuat cairan kembali terkumpul di jaringan itu.

Kenapa Ibu Hamil Sering Mengalami Mata Bengkak - Alodokter

Berikut adalah beberapa penyebab mata bengkak pada ibu hamil.

  • Retensi atau tertahannya cairan.  Seiring berat badan bayi yang bertambah, pembuluh darah di perut dan kaki turut mengalami tekanan sehingga membuat cairan tubuh tertahan pada area tertentu, misalnya pada area mata atau area tubuh lainnya. Hasilnya, muncul pembengkakan pada mata dan area kulit wajah, maupun pada area tubuh terkait lain.
  • Kurang tidur. Mata panda alias lingkaran hitam di sekeliling mata dan pembengkakan mata merupakan penampilan ibu hamil pada umumnya, terutama pada trimester ketiga. Hal ini dikarenakan ibu hamil kerap kesulitan mendapatkan tidur malam yang nyenyak, apalagi ketika susah menemukan posisi yang nyaman. Pada akhirnya, kelelahan dan sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam dan kantong di bawah mata.
  • Terlalu banyak mengonsumsi garam. Hal ini dapat mendorong retensi cairan dan dapat menyebabkan mata bengkak.

Cara Mengatasi Mata Bengkak

Solusi ideal mengatasi pembengkakan pada mata adalah dengan lebih banyak tidur. Namun untuk langkah penanganan secara instan, Bunda dapat melakukan beberapa hal berikut.

  • Kompres mata dengan air dingin. Basahi kain dengan air es dan letakkan di atas mata selama beberapa menit. Suhu dingin bekerja menyempitkan pembuluh darah sehingga mencegah aliran cairan masuk ke jaringan sekitar mata. Pada akhirnya efektif dalam menghilangkan bengkak.
  • Ubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih baik. Misalnya dengan mengurangi asupan garam atau lebih mengutamakan konsumsi makanan yang kaya vitamin. Bunda juga bisa meminta saran dokter atau bidan tentang bagaimana pola makan dan gaya hidup yang direkomendasikan.
  • Menaikkan posisi kepala saat tidur. Gunakan beberapa bantal untuk menyangga kepala guna mencegah terkumpulnya cairan yang menyebabkan mata bengkak karena gravitasi.
  • Manipulasi kosmetik. Bila mata bengkak dirasa mengganggu penampilan, kamu juga bisa menggunakan riasan kosmetik untuk menyamarkannya. Gunakan krim atau serum mata yang mengandung peptida dan lidah buaya (aloe vera). Bahan-bahan ini akan membantu melembapkan area mata dan mengurangi pembengkakan. Sementara itu, untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, cobalah gunakan krim pencerah area mata, meski hasilnya kemungkinan tidak langsung terlihat. Oleh karena itu, bila kamu ingin segera menghilangkan mata panda sebelum ke undangan pesta, aplikasikan juga concealer yang dirancang khusus untuk area mata.

Mata bengkak memang biasanya hanya berupa gangguan kecil pada penampilan untuk sementara, namun bila pembengkakan yang terjadi terasa parah dan berkepanjangan meski sudah melakukan langkah penanganan di atas, konsultasikan kepada dokter untuk mengantisipasi adanya kemungkinan tanda-tanda kepada kondisi medis serius.