Ketahui Betapa Mudahnya Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat di Sini

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat sering dipakai banyak orang dengan alasan murah dan alami. Tomat dipilih karena memiliki kandungan likopen, antioksidan yang baik untuk kulit.

Senyawa likopen merupakan sejenis antioksidan yang bagus untuk menopang pertahanan kulit. Meski kesimpulan penelitian mengenai hal tersebut masih belum pasti, namun banyak yang memakai tomat untuk tujuan melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar mentari berlebihan.

ketahui betapa mudahnya cara menghilangkan jerawat dengan tomat di sini - alodokter

Untuk mendapatkan manfaat likopen untuk kulit dengan cara memakan tomat, akan lebih efektif jika tomat telah dimasak atau diolah terlebih dahulu, misalnya bentuk saus maupun pasta. Selain itu, likopen juga lebih mudah diserap oleh tubuh jika dikonsumsi bersama lemak nabati, semisal avokad, minyak zaitun, dan telur.

Menggosokkan Tomat Langsung di Wajah

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat paling mudah yang dapat Anda coba adalah dengan menempelkan langsung di wajah yang berjerawat. Anda hanya cukup memotong tomat menjadi dua bagian, kemudian gosokkan bagian dalam tomat pada wajah yang bermasalah.

Setelah isi tomat menempel di wajah, gunakan jari-jari tangan Anda untuk melakukan pijatan lembut agar cairan lebih meresap ke kulit wajah. Lakukan pijatan tersebut selama beberapa detik. Jika sudah merata, basuhlah dengan air hangat. Lakukan hal ini sekali tiap hari secara rutin dan lihat hasilnya setelah satu minggu.

Gunakan Tomat Sebagai Masker Wajah

Bila Anda mengalami jerawat yang lebih parah, Anda bisa mencoba untuk menggunakan masker yang terbuat dari tomat. Buatlah bahan masker dengan menghancurkan tomat hingga lembut di sebuah mangkuk. Gunakan bagian dalam atau isi tomat yang telah lembut sebagai masker wajah.

Pastikan masker tomat dioleskan merata di wajah Anda dan biarkan mendiami wajah Anda selama satu jam. Setelah itu, bilas wajah Anda dan oleskan pelembap yang lembut di wajah. Gunakan masker tomat secara rutin 3-4 kali dalam seminggu. Dalam hitungan beberapa minggu pemakaian, jerawat yang parah bisa terlihat mulai mereda.

Selain berbahan dasar tomat, masker yang digunakan untuk meredakan jerawat juga bisa dicampur dengan avokad. Kegunaan masker ini adalah untuk mengurangi minyak di kulit. Caranya, cukup dengan melumat tomat dan avokad hingga lembut, Anda sudah bisa menjadikannya sebagai masker di wajah. Gunakan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Menjadikan Pasta Tomat untuk Mengatasi Jerawat

Untuk mendapatkan manfaat bagi kulit, tomat juga bisa dijadikan pasta setelah sebelumnya dicampurkan madu. Tujuan dari pencampuran ini agar manfaat yang didapat menjadi makin baik untuk kulit. Cara pembuatannya mudah saja, hanya cukup memblender tomat hingga menjadi jus, lalu ditambahkan sedikit madu.

Gunakan pasta tersebut di wajah Anda dan diamkan selama kira-kira 15 menit. Basuh wajah untuk membilas pasta dari wajah.

Selain dicampurkan madu, pembuatan pasta juga bisa memakai bahan tomat dan yoghurt. Untuk pasta dari bahan-bahan ini, gunakan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Selain membantu membuat kulit lebih bersih, pasta ini juga bisa membantu mengurangi peradangan akibat jerawat.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan tomat segar karena tidak mengandung bahan tambahan. Pilih tomat yang berwarna segar dan pastikan aromanya juga segar. Selain itu, untuk memudahkan pemakaian, gunakan tomat yang berukuran besar. Sebaiknya jangan gunakan tomat yang rusak sebab jika Anda saja enggan mengonsumsinya, maka jangan gunakan tomat tersebut untuk kulit Anda.

Mungkin saja cara menghilangkan jerawat dengan tomat ini tidak berhasil pada sebagian orang dan berhasil pada sebagian lainnya. Hal ini bisa terjadi sebab kondisi kulit tiap orang bersifat unik sehingga tidak semua bahan bisa bermanfaat pada semua orang. Untuk itu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran yang bermanfaat.