Ketahui Jenis dan Cara Menghilangkan Tanda Lahir

Untuk beberapa alasan kesehatan, seseorang yang memiliki tanda lahir mungkin akan melakukan cara menghilangkan tanda lahir. Hal Ini bertujuan agar tanda lahir yang muncul dapat memudar atau hilang.

Beberapa orang memiliki tanda lahir dengan warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda sejak lahir. Hingga saat ini, penyebab munculnya tanda lahir tidak bisa dipastikan. Namun, tanda lahir pada bagian tubuh tertentu kerap dianggap mengganggu penampilan sehingga dirasa perlu untuk dihilangkan.

ketahui jenis dan cara menghilangkan tanda lahir - alodokter

Jenis-jenis Tanda Lahir

Tanda lahir terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanda lahir pigmen dan tanda lahir vaskuler. Tanda lahir pigmen muncul dikarenakan adanya kelebihan pigmen, sedangkan tanda lain vaskuler muncul karena terdapat pembuluh darah yang abnormal di bawah kulit.

  • Tanda lahir pigmen

Tanda lahir pigmen dibagi menjadi 3 jenis yaitu tahi lalat, bintik café au lait atau noda kopi susu, dan bercak Mongol (Mongolian spot). Tanda lahir berupa tahi lalat umumnya berukuran kecil, berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan. Tanda lahir jenis ini biasanya tidak berbahaya, tapi perlu diwaspadai jika terasa gatal, berdarah, atau tampak berbeda dengan tahi lalat lainnya.

Pada tanda lahir berupa noda berwarna coklat muda atau hitam, umumnya berbentuk oval dengan ukuran kecil atau besar. Tanda lahir jenis ini mungkin akan memudar seiring dengan pertambahan usia. Kemudian, tanda lahir bercak Mongol biasanya berwarna biru kelabu dan muncul di bagian punggung dan bokong. Tanda lahir ini bisa membuat warna kulit menjadi lebih gelap, terkadang terlihat layaknya memar di tubuh. Bercak Mongol bisa memudar dengan sendirinya, namun bisa juga menetap seumur hidup.

  • Tanda lahir vaskuler

Untuk tanda lahir vaskuler yang paling umum ditemui adalah bercak makula, hemangioma, dan port-wine stain (nevus flammeus). Pada tanda lahir bercak makula, ditandai dengan munculnya bercak berwarna kemerahan pada kulit. Umumnya tanda lahir ini ditemui di bagian dahi, kelopak mata, belakang leher, bibir bagian atas dan hidung.

Tanda lahir hemangioma muncul setelah bayi lahir. Pada tahun pertama hemangioma bisa tumbuh semakin besar, lalu mungkin dapat menyusut kembali. Tanda lahir ini ditandai dengan munculnya bercak seperti buah stroberi di permukaan kulit, meski ada pula yang tumbuh dibawah kulit dan berwarna ungu sehingga tampak bengkak dan menonjol. Umumnya hemangioma tidak berbahaya dan dapat menghilang perlahan di usia 5 hingga 10 tahun, namun kemungkinan meninggalkan bekas.

Sedangkan tanda lahir port-wine stain atau nevus flammeus ditandai dengan munculnya bercak seperti warna minuman anggur yaitu merah muda hingga merah keunguan. Umumnya tanda lahir ini ditemui dibagian wajah namun bisa juga ditemui di bagian tubuh lainnya, dan cenderung menetap hingga dewasa.

Tindakan Menghilangkan Tanda Lahir

Sebagian besar tanda lahir tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia. Namun, ada beberapa pengecualian dimana tanda lahir memerlukan perhatian medis yang lebih.

Pada hemangioma yang besar dan terletak di bagian tubuh tertentu mungkin dapat memengaruhi fungsi tubuh, misalnya untuk makan, melihat, maupun bernapas, sehingga memerlukan tindakan medis. Begitupun pada tahi lalat yang sangat besar atau tampak semakin membesar dalam kurun waktu yang relatif singkat, yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker.

Pada tanda lahir port-wine stain yang berada di sekitar mata, yang kerap kali dikaitkan dengan masalah penglihatan seperti glaukoma, juga memerlukan tindakan medis. Selain itu, beberapa kondisi lain yang dapat memengaruhi kesehatan dan dirasa mengganggu penampilan juga menjadi alasan dilakukannya perawatan khusus untuk menghilangkan tanda lahir.

Adapun cara menghilangkan tanda lahir yang bisa dilakukan di antaranya:

  • Operasi laser

Tanda lahir yang muncul di bagian wajah seperti port-wine stain dan hemangioma dapat ditangani dengan terapi laser untuk memudarkan. Terapi laser  juga mampu memudarkan warna bercak, mengecilkan atau menghentikan pertumbuhan tanda lahir.

  • Kortikosteroid

Pada hemangioma yang berkembang dengan cepat dan memengaruhi penglihatan atau organ vital lainnya, dapat juga diobati dengan kortikosteroid oral agar ukuran hemangioma dapat menjadi lebih kecil.

  • Propanolol

Propanolol merupakan salah satu obat untuk mengatasi masalah jantung. Dengan dosis yang disesuaikan, obat ini ditengarai efektif dalam mengatasi tanda lahir hemangioma. Obat yang masuk ke dalam kelompok obat penghambat beta ini mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel pada tanda lahir, bahkan memudarkan tanda lahir tersebut.

Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan jenis tanda lahir, juga bahaya dan cara menangani yang tepat. Bagi orang tua, perlu membangun rasa percaya diri anak berkaitan dengan tanda lahir yang dimilikinya, agar anak tak merasa minder. Selama tidak berbahaya atau mengganggu penampilan, tanda lahir mungkin tidak perlu dihilangkan.