Keunggulan Serum Wajah yang Wajib Diketahui Kaum Hawa

Salah satu yang diandalkan kaum hawa untuk merawat wajah tetap cantik memesona adalah serum wajah. Serum dianggap lebih efektif daripada krim dan pelembap biasa karena memiliki konsentrasi kandungan bahan aktif yang lebih tinggi.

Kelebihan serum wajah juga terletak pada molekul bahan aktif yang lebih kecil. Kecilnya ukuran bahan aktif tersebut membuat serum lebih mudah dan lebih dalam saat menembus kulit.

keunggulan serum wajah yang wajib diketahui kaum hawa - alodokter

Serum Wajah Memiliki Keunggulan Berikut

Di dalam produk ini, terkandung konsentrasi yang besar berupa bahan anti penuaan. Biasanya, bahan anti penuaan tersebut berupa antioksidan, peptida, dan pencerah kulit, seperti asam kojic. Selain itu, produk ini umumnya berbahan dasar air. Bahkan, sebagian produk serum wajah tidak memakai bahan minyak sama sekali.

Pilihan sejumlah perempuan kepada serum wajah dalam merawat kecantikan mereka juga didasari oleh alasan bahwa jenis kosmetik ini lebih ringan dan kedap udara. Penggunaan serum juga dianggap lebih efisien daripada produk perawatan wajah lainnya. Meski berharga lebih mahal daripada produk perawatan wajah lainnya, pemakaian serum hanya membutuhkan takaran sedikit saja. Hal ini karena tiap tetes serum wajah sudah mengandung konsentrat bahan aktif.

Pemakaian bahan kosmetik yang sedikit dan tipis dianggap baik untuk kulit wajah karena tidak mengganggu sirkulasi udara pada pori-pori kulit. Dibandingkan memakai kosmetik yang terlalu tebal, meski mungkin saja bagus dalam menjaga kelembapan kulit, namun sayangnya ketebalan kosmetik akan susah ditembus oleh bahan aktif sehingga manfaatnya akan tersia-siakan.

Keunggulan lain yang diungkapkan oleh seorang ahli kecantikan adalah kinerja serum yang efektif bagi para pemilik wajah berminyak. Produk ini juga dapat menjadi pilihan bagi yang menginginkan perawatan kecantikan yang tidak terasa berat di wajah, tidak membuat wajah tampak licin, maupun yang tidak meninggalkan sisa yang lengket.

Beginilah Cara Membuat dan Memakai Serum Wajah

Selain membeli serum wajah kemasan hasil produksi perusahaan kosmetik, produk kecantikan ini juga bisa dibuat sendiri. Berikut adalah cara membuat serum wajah vitamin C yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

  • Kumpulkan bahan yang diperlukan untuk membuat serum, yaitu air hasil penyulingan dan bubuk vitamin C (L-Ascorbic acid). Anda bisa menambahkan gliserin jika ingin menambahkan efek pelembap untuk kulit.
  • Rebuslah air hasil penyulingan, lalu diamkan di dalam ruangan bersuhu kamar dan tunggu sampai dingin. Suhu ruangan berkisar 20-25 derajat Celcius.
  • Tambahkan vitamin C dengan perbandingan 1 bagian vitamin C di dalam 19 bagian air. Artinya, jika air berjumlah 19 ml, maka vitamin C yang dimasukkan cukup sejumlah 1 ml. Kemudian tambahkan 1 bagian gliserin jika diinginkan.
  • Aduk sampai ketiga bahan tersebut tercampur sempurna. Setelah tercampur, maka serum wajah vitamin C siap digunakan. Untuk penyimpanan, masukkan serum ke dalam wadah dan simpan di lemari es.
Setelah serum wajah siap digunakan, coba ikutilah cara menggunakan serum wajah seperti di bawah ini.
  • Cucilah wajah dengan sabun atau pembersih hingga bersih. Tidak usah menggunakan bahan yang abrasif karena pembersihan wajah ini hanya untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah dan bukan untuk membuatnya benar-benar kering.
  • Bubuhkan sedikit serum di telapak tangan, lalu aplikasikan di wajah. Serum ini juga bisa digunakan pada bagian-bagian selain wajah. Oleskan serum hingga kulit terasa lembap, namun tidak sampai terasa basah.
  • Jika ingin memakai serum di bagian-bagian selain wajah juga, tunggu hingga area yang diolesi terasa kering sebelum memakai pakaian.
Bagi yang memiliki kulit wajah berminyak, tidak ada salahnya menggunakan serum wajah untuk lebih menjaga sisi kecantikannya. Untuk mendapatkan serum yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan seorang dokter atau ahli estetika berlisensi demi mendapatkan panduan medis yang tepat sekaligus menjadikan efeknya lebih optimal pada wajah.