Khasiat Jus Mangga di Balik Rasanya yang Lezat

Minuman jus buah banyak disukai karena rasanya yang lezat dan banyak manfaat. Jus mangga bisa menjadi pilihan makanan pendamping yang menyehatkan sebagaimana mengandung nutrisi vitamin A, B6, C, dan vitamin E.

Kabar baik bagi Anda yang menyukai mangga atau buah yang bernama latin Mangifera indica ini. Banyak manfaat mangga, antara lain memiliki manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh, serta dapat membantu menjaga kesehatan mata, jantung, sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko kanker tertentu.

mango juice_compress

Bersumber dari Buahnya

Selain manfaat-manfaat di atas, buah mangga juga diketahui dapat melancarkan fungsi sistem pencernaan. Penelitian membuktikan adanya hasil positif terkait penyembuhan sembelit menahun berkat mengonsumsi buah mangga. Peneliti juga menemukan zat-zat aktif pada mangga dapat menekan sel-sel lemak dan gen pembentuk lemak lainnya.

Satu cangkir mangga mampu menyediakan sekitar 25 persen jumlah rekomendasi kebutuhan harian vitamin A. Tidak hanya untuk mata, tetapi kulit, tulang, sistem imun dan reproduksi juga akan mendapat manfaat yang sama dari vitamin tersebut.

Butuh booster untuk sistem imun? Manfaatkan vitamin C yang terkandung di dalam buah mangga. Selain itu kandungan vitamin C yang mencukupi juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Satu cangkir buah mangga akan memenuhi 76 persen kebutuhan harian akan vitamin C.

Pilihan mengonsumsi buah mangga bisa dilakukan melalui banyak cara. Cara termudah adalah langsung menyantapnya saat buah mangga sudah matang dan masih segar. Namun jika Anda ingin mengolahnya terlebih dahulu, jus mangga juga tidak kalah menggiurkan untuk dicicipi. Jus mangga dapat berkhasiat menyegarkan dan menguatkan badan. Pengaruh mangga dalam bentuk cair ini dipercaya bisa mengatasi heat stroke atau efek panas akibat terpajan sinar matahari langsung.

Cara Tepat Membuat Jus Mangga

Mengonsumsi buah dalam bentuk jus dapat meringankan kerja saluran pencernaan. Meski demikian, belum ada bukti yang menegaskan bahwa mengonsumsi buah dalam bentuk jus lebih sehat dibandingkan mengonsumsinya secara langsung. Di sisi lain, sebagian kandungan serat dari buah bisa saja hilang ketika diolah menjadi minuman jus.

Agar dapat memperoleh manfaat jus mangga secara maksimal, perhatikan dengan saksama mengenai cara membuatnya. Pengolahan menggunakan juicer dapat meninggalkan serat-serat yang bermanfaat. Namun, berbeda jika Anda menggunakan blender sebagaimana cara ini menjadikan seluruh bagian buah ikut terolah bersama, tentu saja terkecuali bagian biji. Campurkan potongan-potongan buah dengan air, kemudian masukkan ke blender dan olah hingga halus. Cara ini dapat menjaga kandungan serat dan nutrisi buah tidak terbuang sia-sia.

Perhatikan juga porsi jus yang akan dibuat. Jus yang dibuat harus segera dikonsumsi. Jika tidak, dikhawatirkan akan segera ditumbuhi bakteri yang berbahaya.

Hindari mencampurkan mangga dengan gula atau sirop yang dapat meningkatkan kalori dan mengakibatkan berat badan bertambah. Buah manga merupakan buah yang tergolong sangat manis dan mengandung rendah serat jika dibandingkan buah lainnya. Oleh karena itu, meski banyak memiliki vitamin yang bermanfaat, usahakan untuk mengonsuminya dalam kadar yang wajar. Dianjurkan untuk mengonsumsi mangga tidak lebih dari dua porsi sehari. Bagi penderita diabetes atau kondisi kesehatan yang membuat Anda harus memperhatikan konsumsi gula, konsultasikan dengan dokter terkait hal ini.