Khasiat Kunyit Asam untuk Meredakan Penyakit-Penyakit Ini

Kunyit asam terkenal sebagai minuman tradisional yang menyehatkan. Namun nyatanya, kunyit dan asam adalah dua jenis rempah yang berbeda. Kunyit sendiri telah lama digunakan sebagai obat tradisional Tiongkok dan India untuk mengobati sakit otot dan rangka tubuh. Kurkumin sebagai bahan aktif pada kunyit, memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Sementara itu, asam biasa digunakan untuk mengatasi gangguan perut, sembelit, gangguan hati, dan masalah kantong empedu, bahkan sebagian orang lainnya biasa menggunakannya untuk mengobati demam dan pilek. Kadang-kadang, kaum wanita menggunakan buah ini untuk mengatasi mual saat hamil.

kunyit asam - alodokter

Melihat khasiat kedua bahan tersebut, Anda pasti sudah dapat membayangkan manfaat kunyit dan asam apabila dibuat menjadi minuman kunyit asam. Bukan hanya itu, masing-masing bahan juga masih memiliki segudang manfaat lainnya. Mari ulas satu per satu.

Khasiat Kunyit yang Dahsyat

Selain yang sudah dibahas sebelumnya, ternyata kunyit masih menyimpan manfaat dahsyat yang perlu Anda ketahui. Manfaat-manfaat tersebut meliputi:

Meringankan infeksi

Sebenarnya antimikroba pada kunyit dapat dimanfaatkan untuk melawan jamur, parasit, dan bakteri. Keunggulan ini menjadikan kunyit bersifat antiseptik untuk melindungi luka atau luka bakar dalam upaya meringankan infeksi. Sayangnya, untuk mengobati luka atau luka bakar, tidak bisa menggunakan minuman kunyit asam. Untuk mendapatkan efek antiseptik ini, luka luar pada kulit diolesi dengan kunyit yang sudah dijadikan pasta atau bubur.

Melindungi usus dan lambung

Kunyit juga “ramah” terhadap organ pencernaan. Kunyit telah terbukti dapat meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Lebih jauh lagi, rempah ini dapat mencegah timbulnya tukak lambung. Jika tukak lambung telanjur terbentuk, kunyit bisa membantu meredakannya.

Antikanker

Jangan remehkan kurkumin yang ada pada kunyit sebagaimana manfaatnya dapat mencegah perkembangan tumor, terutama pada kasus kanker usus besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki sifat yang sama dengan komponen penghambat perkembangan sel-sel tumor yang baru saja ditemukan. Mengingat perkembangan ilmu medis yang menyatakan terapi dengan target multiple lebih baik dibandingkan terapi target tunggal, kunyit bisa dijadikan terapi tambahan. Walau demikian, konsultasikan penggunaannya terlebih dahulu dengan dokter.

Menghambat penyakit yang berhubungan dengan usia

Pada otak penderita Alzheimer terdapat perkembangan suatu protein abnormal, yaitu beta-amyloid. Penelitian telah membuktikan bahwa kurkumin dapat menghambat pertumbuhan protein tersebut sekaligus membantu menghilangkannya. Namun sayangnya, kurkumin dinilai tidak dapat membantu menghapus gejala-gejala apabila seseorang telah mengidap Alzheimer.

Lalu Bagaimana dengan Khasiat Asam?

Masih ada beberapa manfaat asam lainnya di bidang kesehatan. Misalnya mengobati gangguan empedu, obat pencahar ringan, mengobati penyakit usus, infeksi tenggorokan, dan antiracun tertentu. Belum cukup sampai di sini, asam kerap dimanfaatkan sebagai obat untuk wasir dan gangguan akibat defisiensi vitamin C juga.

Bila digabungkan dengan bahan atau obat lain, asam juga dapat digunakan sebagai obat kusta. Namun untuk yang satu ini, penggunaannya bukan dengan cara diminum, melainkan dioleskan pada kulit. Manfaat-manfaat dari asam ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Oleh karenanya, konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya untuk tujuan tersebut.

Melihat dahsyatnya masing-masing manfaat pada kunyit dan asam, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi kunyit asam yang sudah diracik sebagai minuman. Rasanya yang segar dan efeknya yang menyehatkan badan menjadi keunggulan produk ini. Yang perlu diingat, meskipun Anda menyukai minuman ini, jangan mengonsumsi berlebihan. Bagaimana pun, mengonsumsi makanan atau minuman yang berlebihan akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.