Kolostrum: Nutrisi Lengkap dan Alami untuk Bayi

Bayi yang baru lahir sangat membutuhkan susu sebagai sumber makanannya. Untuk itu, peran Air Susu Ibu (ASI) sangatlah penting. ASI yang pertama kali keluar setelah bayi Anda lahir dikenal dengan sebutan kolostrum yang berperan sebagai daya tahan tubuh untuk bayi Anda.

Kolostrum sendiri diproduksi setelah sang ibu melahirkan bayinya yang berlangsung selama dua hingga empat hari saja. Tidak hanya berasal dari ibu, kolostrum juga bisa dihasilkan dari sapi dan mamalia lainnya.

colostrum

Kolostrum Mengandung Banyak Nutrisi

Seorang wanita yang sedang mengandung, akan memproduksi air susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah hatinya setelah lahir. Susu tersebut sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir untuk membantu tumbuh kembangnya. Secara alami, seorang wanita yang siap menyusui akan memproduksi susu yang mengandung kolostrum. Rata-rata, wanita akan menghasilkan 50 ml susu yang kaya akan kandungan kolostrum pada 48 hingga 72 jam setelah dirinya melahirkan.

Beragam nutrisi luar biasa yang terkandung di dalam kolostrum, membuat susu ini sangat penting dan dianjurkan untuk para bayi. Di dalam kolostrum terkandung imunoglobulin yang berperan sebagai antibodi, antimikroba untuk melawan bakteri, jamur, dll, serta beragam faktor yang menunjang pertumbuhan. Tidak hanya itu, kolostrum pun mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang memang dibutuhkan oleh bayi.

Susu yang mengandung kolostrum umumnya berbentuk cair dan agak kental, serta berwarna keemasan. Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, namun kolostrum sangat bermanfaat untuk bayi Anda. Semua yang dibutuhkan oleh bayi telah terkandung di dalam susu ini. Kolostrum juga memiliki takaran yang tepat, rendah gula, tinggi akan kandungan proteinnya.

Selang beberapa hari, kolostrum tersebut akan tergantikan oleh ASI sebenarnya, yang akan keluar beberapa hari setelah Si Kecil lahir. Perlahan, warna susu yang mulanya berwarna keemasan (mengandung kolostrum) akan berubah warna menjadi lebih putih dari sebelumnya. Selain itu produksi ASI juga akan bertambah banyak untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Manfaat Kolostrum untuk Bayi Anda

Kolostrum ini sangat memiliki peranan yang penting untuk bayi Anda. Susu pertama ini merupakan makanan yang tepat bagi bayi yang baru saja lahir karena perut bayi bisa dengan mudah mencernanya. Beragam kandungan nutrisi yang ada di dalam kolostrum, sangat penting untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi termasuk petumbuhan sistem persarafannya. Selain itu, antibodi yang berasal dari kolostrum sangat berguna untuk membuat bayi terlindungi dari beberapa macam penyakit infeksi virus dan bakteri seperti pneumonia, flu, bronkitis, dan infeksi lainnya.

Susu pertama ini juga dapat membantu bayi untuk mengusir penyakit kuning yang kerap menyerang bayi yang baru lahir. Protein pada kolostrum juga memiliki efek membuat perut bayi terasa penuh dan kenyang sehingga bayi dapat tidur lebih nyenyak.

Karena sangat penting, maka Anda dianjurkan agar tidak melewatkan pemberian ASI yang mengandung kolostrum tersebut. Meski setiap wanita yang telah melahirkan berniat untuk langsung menyusui buah hatinya, namun terkadang hal itu tidak bisa dilakukan. Ada beragam alasan yang menjadi penyebabnya, seperti susu tidak keluar, sulitnya menyusui karena bayi berbeda ruangan dengan Anda, atau karena Anda masih merasakan sakit karena luka operasi caesar, dan lain sebagainya.

Penting untuk berkonsultasi kepada dokter agar Anda dapat menyusui bayi Anda, terutama pada jam-jam awal setelah kelahiran. Jika memang Anda tidak bisa menyusui bayi Anda secara langsung, maka dokter akan mencari cara lain, salah satunya dengan memberikan ASI yang kaya akan kolostrum tersebut menggunakan botol susu. Tanyakan segala hal tentang menyusui kepada dokter kandungan, dan jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan ibu-ibu lain yang pernah memberikan ASI secara eksklusif.