Tanya Dokter

  • Tinggi fundus yang normal pada usia kehamilan 15 minggu

  •  Silviyanti07
    Anggota
    Hallo dok...saya mau bertanya saya hamil pertama uk 15w1d tapi tfu nya masih 3jr di atas sympisis. Itu normal apa tidak dok?

    Halo Silviyanti07,

    TFU atau tinggi fundus uteri adalah suatu pemeriksaan yang rutin dilakukan oleh bidan dan dokter untuk memantau perkembangan kandungan, dengan mengukur dari perbatasan atas tulang kemaluan sampai puncak rahim (fundus uterus). Melalui TFU dapat diperkirakan usia kehamilan dan juga taksiran berat badan janin dengan menggunakan rumus tertentu. TFU dapat diukur dengan menggunakan meteran (hasil pengukuran dalam centimeter) atau dengan perabaan jari. Pengukuran dalam centimeter akan lebih bermakna dan lebih akurat untuk menentukan usia kehamilan dan taksiran berat janin. Sebenarnya tidak ada standar baku TFU yang normal, perkiraan yang sering digunakan adalah berdasarkan temuan pada umumnya. Selain itu TFU lebih sulit diukur pada kehamilan trimester pertama karena ukuran rahim terkadang belum cukup besar untuk dapat dirasakan. Perkiraan yang sering digunakan sebagai berikut: 

    • 12 minggu: 1/3 jari di atas simfisis
    • 16 minggu: 1/2 jarak simfisis dan pusat

    Jadi kemungkinan besar besar kandungan anda saat ini kurang lebih sesuai, namun disarankan agar anda dapat berdiskusi dan menanyakan lebih lanjut dengan bidan/dokter yang memeriksa anda mengenai hasil pengukuran TFU saat ini dan sebaiknya hasil pengukuran TFU ini dikonfirmasi ulang dengan pemeriksaan lain seperti perhitungan usia kehamilan dan pemeriksaan USG kandungan oleh dokter kandungan. 

    Anda dapat membaca artikel terkait: trimester pertamaperkembangan janin

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira