Tanya Dokter

  • 2 bulan tidak haid, apakah hamil?

  • Dok sya mw tnya,bulan mei saya haid tgl 19,juni tgl 18,juli tgl 17,agustus tgl 15,september tgl 12,dan tiap bulan sllu tratur tpi pas bulan oktobr smpe november ko blm haid jga? Apa saya hamil? Tpi ps tgl 1 november sya TP hsilnya negatif.

    Halo Julita,terimakasih telah menggunakan layanan tanya jawab alodokter. Kondisi anda dengan ketidakteraturan haid bisa merupakan kondisi yang normal ataupun tidak normal. Banyak hal yang dapat mempengaruhi haid,misalnya jika anda menggunakan Kb hormonal,terlalu lelah,kurangnya istirahat,stress ataupun seperti keluhan anda kehamilan.
    Beberapa hal yang dapat menyebabkan haid tidak normal adalah:
    1. Obesitas/kurang gizi
    2. Konsumsi KB hormonal
    3. Sedang menyusui.
    4. Stress/kurang istirahat
    5. Didasari penyakit tertentu (diabetes,hipertiroid)
    6. Kehamilan.
    pada keluhan anda,terlambatnya haid sebenarnya juga dapat dipengaruhi oleh adanya kehamilan,pemeriksaan paling sederhana adalah menggunakan tes pack yang berfungsi mendeteksi hormon HcG pada kehamilan. Anda dapat mengulang tespack sekitar 1-2minggu kemudian,jika anda belum juga haid,atau langsung berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan,serta sangat disarankan langsung berkonsultasi jika anda terlambat haid lebih dari 1-2 bulan,haid yang terlalu banyak,nyeri pada perut yang tidak tertahankan. Demikian info yang dapat diberikan,semiga bermanfaat. Salam,dr Celleen Rei Setiawan