Tanya Dokter

  • 2 kali menstruasi dalam sebulan

  •  Letta
    Anggota
    Halo dokter.. Saya mau bertanya, bulan lalu saya haid tanggal 12-18 oktober, lalu selang 5 hari kemudian saya haid lagi yaitu tanggal 23-29 oktober. Untuk bulan ini haidnya jatuh pada tanggal 20-26 november. Apakah haid dibulan oktober itu wajar dokter? Soalnya jaraknya terlalu dekat untuk haid lagi dan saya belum pernah mengalami hal tsb sebelumnya. Mohon direspon pertanyaannya dokter.. Terimakasih :)

    Hai Letta, Menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari sekali dan berlangsung selama 3-7 hari. Menstruasi yang terjadi kurang dari 21 hari sekali -seperti yang Anda alami pada bulan Oktober- merupakan suatu hal yang tidak normal. Kondisi ini secara medis disebut sebagai metrorrhagia, yaitu perdarahan yang terjadi di luar masa menstruasi. Beberapa kemungkinan penyebab terjadinya metrorrhagia antara lain adalah:

    Bila keluhan terus berulang ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar dapat ditelusuri penyebabnya. Tes penunjang mungkin akan dianjurkan jika diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai kondisi dasarnya. Untuk menjaga regulasi siklus menstruasi berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan yang bergizi seimbang
    • Jangan terlalu lelah, batasi aktivitas fisik yang berat
    • Menjaga berat badan ideal
    • Berolahraga ringan secara rutin
    • Meminimalisir stres
    Diskusi berikut ini membahas topik yang serupa: Haid 2 kali dalam sebulan Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    Letta  Nhayla Olshopp
    Anggota

    Hallo dokter. saya mau tanya, mamah saya sering sekali haid, dalam sebulan haid lebih dari 1minggu dan selalu banyak sekali darah nya.. Kira-kira itu kenapa ya dok ?

    Nhayla Olshopp November 30, 2016 at 6:51 pm Hallo dokter. saya mau tanya, mamah saya sering sekali haid, dalam sebulan haid lebih dari 1minggu dan selalu banyak sekali darah nya.. Kira-kira itu kenapa ya dok ?
    Hai Nayla, Berapakah usia ibu Anda? Perlu diketahui bahwa pada beberapa tahun menjelang menopause (umumnya menjelang usia 50 tahun) seorang wanita dapat mengalami perubahan siklus menstruasi, baik berupa menstruasi yang tidak teratur, perdarahan yang sedikit, atau justru menstruasi yang berlebihan. Selain itu gejala lain yang dapat timbul menjelang menopause adalah timbulnya sensasi rasa panas (hot flushes), kekeringan pada vagina, gangguan tidur, kenaikan berat badan, sakit kepala, rambut menipis dan sebagainya. Jika usia ibu Anda mendekati usia menopause, mengalami menstruasi yang berlebihan, ditambah lagi dengan adanya gejala-gejala lain seperti yang disebutkan di atas, ada kemungkinan kondisi ini terkait dengan gejala pra-menopause. Namun demikian, menstruasi yang berlebihan atau berkepanjangan dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti: Untuk dapat memastikan penyebabnya ada baiknya ibu Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk menelusuri penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan. Berikut ini anjuran bagi ibu Anda:
    • Tidur cukup dan istirahat yang cukup
    • Batasi aktivitas fisik yang terlalu berat
    • Berolahraga ringan secara rutin
    • Menerapkan pola makan dengan gizi seimbang
    • Hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein atau alkohol
    • Lakukan relaksasi
    • Mengelola stres dengan bijak
    Informasi berikut ini dapat berguna: Menopause Menstruasi berlebihan Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman