Tanya Dokter

  • 2bln gk haid tpi gk hamil sma radang usus

  • dok,mau tnya istri sya haidnya gk lncar sdah 2bln lbih gk haid tpi diUSG gk hmil,itu knpa ya dok?

    sma kakek sya skit rdang usus sdh sring kerumah sakit tpi gk nympai 2 hari stlah dibleh kan plang sma dokternya itu kmbuh lgi,tpi klo disrh operasi kakek sya kndisi ksehatannya gk memungkinkan untk dioperasi.klo kya gtu solusinya gmna ya dok..!

    Terima Kasih

    Halo, Siklus menstruasi yang normal adalah tiap 28-35 hari dengan periode sekitar 2-7 hari setiap menstruasi. Siklus ini dihitung dari hari pertama haid terakhir. Bila sudah melewati satu siklus tanpa menstruasi maka keadaan ini disebut amenorhae. Keadaan amenorhae  secara alami disebabkan oleh kehamilan, menyusui dan menopause, selain itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi berikut:

    • meminum obat kontrasepsi
    • konsumsi obat-obatan tertentu
    • gaya hidup: diet yang ekstrim, penurunan berat badan, stres
    • kelainan hormonal: sindrom polikistik ovarii, kelainan tiroid, kelainan hiposifisis, menopause dini
    • kelainan struktur organ seksual
    Jika sudah dilakukan USG, sebaiknya pada saat konsultasi ditanyakan penyebab yang paling mungkin menimbulkan gejala tersebut. Radang usus adalah kondisi yang menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada usus. Radang usus dibagi dua yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Kedua penyakit ini timbul karena reaksi tubuh yang keliru terhadap jaringan pencernaan yang normal dan sehat. Pengobatan radang usus biasanya dengan obat-obatan anti radang, tindakan operasi biasanya merupakan pilihan bila obat-obatan kurang efektif. Jika yang Anda maksud adalah radang usus buntu, maka memang penatalaksanaan yang lazim adalah dengan tindakan operasi untuk mengangkat usus buntu. Tetapi bila tidak dalam kondisi gawat, operasi radang usus buntu bisa menjadi suatu pilihan saja, pemakaian obat-obatan antibiotik, anti nyeri, dan anti radang dapat mengurangi gejala namun tidak menyembuhkan penyakit. Pada keadaan ini kemudian akan menjadi suatu radang usus kronis. Jika diputuskan melakukan operasi, tentu saja keadaan seseorang harus dioptimalkan untuk dapat menjalaninya. Pada suatu rumah sakit keputusan operasi akan didiskusikan terlebih dahulu selain oleh dokter bedah, tetapi juga oleh dokter anestesi dan penyakit dalam apakah keuntungannya lebih banyak daripada kerugiannya. Semoga membantu, terimakasih