Tanya Dokter

  • Dua tahun tidak menstruasi

  •  Noviana Resty
    Anggota

    Dok saya sudah 2thn lebih tidak mennstruasi, sehabis melahirkan saya 4bln tidak kb, lalu saya kb suntik 3bulan, stelah 2x kb sunTik sy ganti kb suntik 1bulan 3x kb suntik 1bln tidak jg mens, sy ganti kb pil 2x kb pil tidak menns jg, skkrng gk kb jg tidak mens, pnyebabnya apa yaa dok?

    Hai Noviana Salah satu efek samping dari KB hormonal baik berupa suntik, pil, atau implan adalah adanya perubahan siklus menstruasi, misalnya tidak haid seperti yang Anda alami. Ini disebabkan ketidakseimbangan hormonal pada tubuh akibat dari efek hormon dari KB. Biasanya lebih sering terjadi pada KB suntik 3 bulan yang jangka panjang dan akan lebih teratur dengan menggantinya menggunakan pil KB walaupun tidak selalu, tergantung dari proses adaptasi tubuh. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan pemeriksaan USG untuk mengetahui apakah adanya kelainan pada rahim atau indung telur, misalnya seperti PCOS (sindrom polikistik ovari), kista ovarium, endometriosis, dsb. Bila dari hasil USG menunjukan normal, maka kemungkinan disebabkan oleh hormonal sehingga biasanya dokter akan memberikan obat hormonal untuk "memancing" menstruasi. Berikut informasi lengkapnya: Mewaspadai siklus menstruasi yang tidak normal. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william