Tanya Dokter

  • Menstruasi 5 kali dalam 3 bulan

  • Dokter, sudah 3 bulan ini saya haid sebanyak 5 kali, jaraknya hanya 2 minggu bahkan kurang dari itu antara hari pertama haidnya. Lama haidnya sama 5-7 hari, seperti haid biasanya, saya juga mengalami disminorea setiap kali haid, disminorea nya setiap haid pada hari pertama sampai hari ketiga. Sebelumnya perlu diketahui, saya belum menikah dan tidak menggunakan kontrasepsi apapun. Bagaimana bisa seperti itu ya dok? Apakah ini disebabkan hormon dokter? Memangnya hormon yang mana yang bisa menyebabkan seperti itu ya? Lalu harus saya apakan ya dokter?

    Halo Syma,

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.com. Menstruasi yang normal berlangsung selama 2-7 hari dengan siklus menstruasi 21-35 hari; siklus menstruasi ini dihitung dari hari pertama menstruasi sebelumnya sampai hari pertama menstruasi berikutnya. Mentruasi yang terjadi lebih sering dengan interval yang tidak teratur dinamakan metrorrhagia. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron misalnya pada pubertas atau menopause. Di samping itu, beberapa penyebab lainnya adalah:

    Silakan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter perlu mengetahui lebih lanjut mengenai siklus menstruasi Anda dan riwayat kesehatan Anda secara umum kemudian melakukan serangkaian pemeriksaan misalnya pemeriksaan darah, USG, dan lainnya. Hasil pemeriksaan ini akan menentukan penanganan selanjutnya.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia