Tanya Dokter

  • Kehamilan 5 Bulan, bayi berada di bawah

  •  Mega Pasha
    Anggota

    Selamat siang Dok..

    Kembali saya ingin bertanya. Ini adalah kehamilan pertama saya. Kemarin tepatnya tgl 06/11/2017 saya melakukan USG pertama dan dari hasil USG yang diutarakan pihak Bidan katanya kondisi bayi saya saat ini masih berada di bawah padahal sudah menginjak usia 5 bulan dan harusnya sudah berada di atas. Kebetulan hampir rutin setiap hari dari positif hamil hingga sekarang saya bolak balik kerja berkendara (digonceng) dari rumah ke kantor jaraknya +- 15-20 menit dan dengan kondisi jalan yang memang rusak dan berlobang, apakah itu adalah salah satu pengaruhnya? lalu apakah itu berbahaya bagi saya atau bayi saya? Tapi alhamdulillah selama ini saya tidak merasakan keluhan yang aneh-aneh pada kandungan saya dok.
    Pertanyaan yang kedua adalah jika berdasarkan hari pertama dibulan terakhir menstruasi tepatnya tgl 21/05/2017 taksiran tgl persalinan saya adalah 28/02/2018 namun dari hasil USG kemaren adalah tgl 25/03/2018. ada perbedaan jarak +- 1 bulan dari taksiran tersebut. Sebaiknya perhitungan itu saya ikut yang mana ya dok? Terimakasih..

    Hallo Mega Pasha

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Saya masih kurang jelas dengan pernyataan anda mengenai posisi janin yang berada di bawah dan seharusnya sudah berada di atas pada usia kehamilan anda. Saya berasumsi mungkin yang anda maksudkan adalah posisi bagian tubuh bayi pada bagian bawah rahim, jika jawaban saya kurang tepat, maka anda dapat bertanya kembali dengan menjelaskan pertanyaan anda lebih detail. Anda perlu mengetahui pada saat usia kandungan 5 bulan, janin dalam rahim masih sangat kecil dan terlindungi dalam cairan ketuban. Oleh sebab itu posisi janin pada bagian bawah rahim belum dapat dipastikan pada saat usia kandungan ini dan dapat berubah-ubah. Posisi janin biasanya mulai akan terfiksasi apakah kepala atau bokong yang berada pada bagian bawah rahim sekitar usia kehamilan 32 minggu keatas. Bisa jadi nantinya akan berada pada posisi lintang karena dipengaruhi berbagai hal. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai posisi janin saat ini karena masih akan dapat tetap berubah. Hal yang terpenting saat usia kandungan saat ini adalah janin terletak di dalam rahim, keadaan perkembangan janin, posisi ari-ari, dan air ketuban. Kondisi ini dapat anda lihat melalui pemeriksaan USG kehamilan. Keadaan perkembangan rahim anda bisa lihat dari penambahan ukuran panjang janin, lengkar perut janin dan juga lingkar kepala janin serta berat badan janin. Selain itu memang biasanya pada USG kehamilan dapat diperkirakan usia kehamilan. Penaksiran usia kehamilan janin anda melalui USG ini akan lebih akurat jika dilakukan pemeriksaan pada trimester awal (sekitar 10-12 minggu kehmailan), jika dilakukan pada trimester kedua atau ketiga biasanya taksiran persalinan anda akan kurang akurat. Taksiran persalinan melalui USG ini biasanya dipergunakan ketika anda lupa kapan hari pertama menstruasi terakhir anda. Jika anda mengingat hari pertama menstruasi terakhir anda, maka taksiran persalinan akan lebih akurat jika dihitung menggunakan rumus berdasarkan tanggal hari pertama menstruasi terakhir anda. Sehingga taksiran yang sebaiknya dipergunakan adalah yang berdasarkan hari pertama menstruasi terakhir anda. Namun untuk lebih jelasnya anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter kandungan yang memeriksa anda.

    Pastikan anda tetap melakukan pemeriksaan kehamilan rutin.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino