Tanya Dokter

  • Pendarahan saat hamil usia 6 minggu

  •  zeeqah
    Anggota
    hello dok, tolong jawab bbertanyaan saya. saya hamil 6minggu 3hari, tetapi malam kemarin saya mengalami pendarahan yang terok, sehingga semua darah beku/daging keluar. dari petang dlm jam 3 sampai malam jam 1. perut saya mulas terus keluar sedemikian yang dinyatakan diatas.. sehingga saya tidak sanggup untuk terus menerus bertahan didalam toilet & saya terpaksa memakai pad. jika saya terasa ada something nak keluar lagi baru saya pergi ke toilet. keesokkann harinya, saya cek pt.. tapi masih 2line. adakah masih ada janin didalam rahim saya ataupun bagaimana dok? atau masih ada sisa sisa biasa sahaja? adakah disebabkan sekarang saya masih mengalami pendarahan seperti biasa (menses) menyebabkan ianya 2line? tolong dibantu ya. terima kasih.

    Halo zeeqah, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Perdarahan hebat disertai keluarnya jaringan seperti daging saat kehamilan seperti yang anda alami kemungkinan disebabkan karena terjadinya keguguran atau abortus spontan. Abortus spontan adalah kegagalan kehamilan dalam rahim yang terjadi sebelum usia kehamilan 20 minggu. Pada sebagian besar kasus, abortus spontan terjadi karena adanya kelainan pada hasil pembuahan yang terbentuk. Beberapa gejala dari abortus spontan antara lain:

    1. Terjadi perdarahan dari vagina (biasanya dalam jumlah banyak dan bergumpal)
    2. Terdapat gumpalan jaringan kehamilan yang keluar dari vagina. Gumpalan jaringan berbeda dari gumpalan darah. Gumpalan jaringan kehamilan ini biasanya berwarna abu-abu gelap dan teraba padat, tidak seperti gumpalan darah yang mudah hancur bila ditekan.
    3. Nyeri atau kram pada perut bagian bawah, biasanya nyeri lebih kuat daripada nyeri menstruasi

     

    Untuk dapat memastikan apakah benar keguguran telah terjadi, perlu dilakukan pemeriksaan dengan alat USG. Pemeriksaan USG dapat melihat apakah memang janin di dalam kandungan telah gugur dan melihat juga apakah seluruh jaringan kehamilan telah keluar bersih dari rahim. Pemeriksaan dengan test pack tidak dapat digunakan untuk mendeteksi keguguran karena setelah terjadinya keguguran, hormon kehamilan atau hormon hCG yang terdeteksi oleh alat test pack, baru akan menghilang setelah kira-kira 3 minggu. Waktu tersebut hanyalah perkiraan, karena hormon tersebut dapat menghilang lebih cepat pada keguguran dengan usia kehamilan lebih muda dan menghilang lebih lambat pada keguguran dengan usia kehamilan lebih tua. Kadang diperlukan waktu lebih dari sebulan bagi hormon hCG ini untuk benar-benar menghilang dari darah pada kehamilan besar.

     

    Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter bila mengalami kondisi-kondisi berikut ini:

    1. perdarahan sangat banyak dan berlangsung terus menerus
    2. terdapat nyeri perut hebat
    3. terdapat demam
    4. keluar cairan berbau busuk dari vagina
    5. terdapat gejala kehilangan darah akut seperti pusing, pucat, pingsan, tangan dan kaki yang teraba dingin, kulit yang teraba basah dan dingin

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia