Tanya Dokter

  • 9 Bulan setelah Melahirkan Belum Menstruasi

  •  WS5758
    Anggota

    Dokter yang terhormat , Bersama ini saya ingin menanyakan kondisi kesehatan istri saya. Setelah melahirkan anak ke 3, 9 bulan yang lalu sampai saat ini belum menstruasi. Usia saat ini 37 th. Sedangkan jarak kelahiran anak sekitar 6 th. Anak pertama Januari 2003, kedua September 2008 dan ketiga Nopember 2014. Proses kelahiran normal dan kami tidak menggunakan kontrasepsi Medis ( Pengaturan sendiri )

    Dengan kondisi tersebut, apa memungkinkan kondisi istri saya subur, dan memungkinkan kehamilan. sedangkan kita menginginkan tidak menambah anak lagi.

    Mohon Jawaban dan Saran

    Halo,   Kondisi tidak menstruasi bisa disebabkan karena :

    1. Kehamilan dan menyusui.
    2. Gangguan hormonal
    3. Penggunaan KB
    4. Stress
    5. Jaringan fibroid pada rahim
    6. Menopause dini
    7. Hiperprolaktinemi
    8. dll.
    Kondisi istri anda walaupun belum menstruasi masih terdapat kemungkinan akan kesuburan, sehingga kehamilan bisa terjadi jika Anda tidak melakukan kontrasepsi tambahan seperti kondom dll. Saran kami segera periksakan istri Anda ke dokter kandungan untuk melihat penyebab keluhan istri Anda, dengan begitu maka jika terdapat gangguan pengobatan bisa diberikan sesuai dengan penyebab keluhan istri Anda. Jika Anda tidak berniat untuk memiliki bayi lagi maka sangat disarankan untuk menggunakan kontrasepsi seperti pil KB atau suntik KB agar mencegah kehamilan dengan lebih pasti. Baca topik mengenai Amenore. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi