Tanya Dokter

  • Selalu ingin buang air kecil setelah minum

  •  Siska Wurii
    Anggota

    Dok saya mau tanya Kenapa ya , kalo abis minum air putih 15-30 menit kemudian pasti berasa pengen pipis Kalo minum nya banyak , pipisnya juga banyak Tapi kalo minum nya sedikit , pipisnya juga sedikit

    Apa itu Isk ? Tapi kalo pipis nggak nyeri dok , nggak panas juga Cuma perut dibagian bawah terasa agak sakit kalo di tekan Itu kenapa ya dok ? Apa ada pengaruhnya karna hubungan intim ? Atau otot2 saluran kemih ku mulai kendor ?

    Siska Wurii  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat siang, Produksi urin terjadi setiap saat oleh ginjal sebagai hasil akhir pembuangan setelah memetabolisme zat-zat sisa dari darah. Pada fungsi ginjal normal, produksi urin seseorang adalah 0.5-1 mg/kgbb/jam, atau rata-rata sekitar 800-2000 ml pada kondisi intake cairan 2000 ml. Banyak atau tidaknya produksi urin, tergantung pada banyak nya cairan yang masuk ke tubuh, serta banyaknya cairan yang keluar melalui keringat. Selama banyaknya urin masih dalam batas normal, dan tidak ada perubahan dari warna urin ataupun gejala lainnya, maka masih dikatakan normal. Urin dikatakan sedikit jika dalam 24 jam produksi urin kurang dari 400 ml, dapat disebabkan oleh dehihdrasi (kurang minum, terlalu banyak pengeluaran baik melalui  keringat, muntah atau diare) atau akibat penyakit yang mendasari, infeksi, sumbatan saluran kemih (pada batu ginjal, pembesaran prostat, tumor dll), atau akibat efek samping pengobatan. Infeksi saluran kemih biasa ditandai dengan adanya rasa tidak nyaman di perut bawah, rasa nyeri saat BAK, BAK terasa perih (burning sensation), frekuensi BAK sering namun hanya keluar urin sedikit-sedikit (anynag-anyangan), urin berbau dan tampak keruh atau kemerahan. Jika anda merasakan gejala-gejala tersebut maka bisa jadi anda mengalami ISK. Untuk mengetahui secara pasti, anda perlu memeriiksakan diri ke dokter agar dapat diperiksa lebih detail dan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti tes urin untuk melihat apakah benar ada bakteri yang menginfeksi atau tidak. Saat ini yang dapat anda lakukan dirumah adalah :

    • Konsumsi air matang minimal 2L perhari
    • Hindari menahan rasa ingin BAK, terutama jika ingin melakukan hubungan seksual sebaiknya saat kandung kemih sudah kosong.
    • Menjaga kebersihan daerah genital, terutama saat pembilasan, dengan cara membilas dengan air bersih dari arah depan ke blekanag bukan sebaliknya, agar tidak terkontaminasi oleh bakteri dari anus dan saluran cerna
    Anda dapat membaca lebih jelas mengenai ISK disini.