Tanya Dokter

  • Ciri-ciri terjadinya keguguran

  •  Aisyah101
    Anggota
    Selamat sore dok saya aisyah saya kemarin tanggal 10 hr kamis USG dan dibilang ad kantong janin oleh dokter kandungan saya dan katanya sangat eawan keguguran karena masih kecil dan malaya flek keluar darah sesendok makan dok. Dan diokname di RS selama dua hari disuruh badrest dan di berikan obat methylergometrine dan hari ini di YSG trans V sudah dinyatakan gugur dan diverikan obat yang diletakan di bawah lidah berupa serbuk untuk mengeluarkan darah yang berada di rahim saya sisa kehamilan saya tapi hanya keluar sesikit mungkinkah saya beneran abortus dok?

    Salam,

    Untuk memastikan suatu kondisi abortus atau keguguran diperlukan informasi usia kehamilan dan riwayat resiko pasien dengan keguguran serta pemeriksaan langsung oleh dokter kandungan Anda. Sehingga adanya tanda keguguran yang mungkin terjadi seperti :

    1. nyeri perut

    2. pendarahan

    3. keluar jaringan atau cairan dari vagina

    Akan mendukung kemungkinan adanya keguguran pada kehamilan.

    Sedangkan diagnosa keguguran dapat dibantu dengan USG tranvagina dan ditemukan ostium uteri terbuka (saluran pada leher rahim).

    Oleh karena itu, Anda dapat melanjutkan rencana dokter kandungan Anda untuk penatalaksanaan kondisi ini. Dengan demikian, proses ini dapat dijalani tanpa resiko dan komplikasi pendarahan yang mengganggu.

    Untuk selanjutnya perlu dilakukan evalausi terhadap penyebab keguguran ini, seperti:

    1. adanya kasus golongan darah Rh yang berbeda

    2. infeksi kehamilan, seperti infeksi toksoplasma

    3. usia diatas 35 tahun saat kehamilan

    4. gangguan kromosom

    5. gangguan tiroid

    6. gangguan rahim

    7. rokok dan alkohol

    Dengan mengetahui kemungkinan penyebab keguguran ini, maka Anda dapat menjaga kondisi kesehatan Anda pada program kehamilan selanjutnya.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga keguguran.

    dr. Ulfi