Tanya Dokter

  • Mengatasi abses pada vagina

  •  Dewy ayu
    Anggota
    Slmt malam dok,sudah sebulan yg lalu sy priksa ke bidan pasca keguguran. Bidannya bilang ada abses di dalam vagina tp tdk menimbulkan keluhan apapun. Setelah diobati untuk mengempeskan absesnya malah sering nyeri dan kencing terus menerus, dan juga sedikit keputihan padahal sebelum di obati tdk ada keluhan apa". Apa abses ini termasuk kencing nanah dok? Kalau benar kenapa pasangan saya tdk tertular. Trimakasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Abses adalah kumpulan nanah yang terbentuk di bawah kulit. Abses pada vagina sering terjadi pada kasus kista Bartholin. Kista Bartholin terbentuk saat kelenjar Bartholin tersumbat, mengalami infeksi dan peradangan. Hali ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri penyebab gonorea, klamidia, dan bakteri lainnya.

    Dari gejala yang Anda paparkan, kemungkinan terjadi infeksi pada area genitalia dan sistem saluran kencing. Namun tentunya hal ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosis yang tepat. Untuk itu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapat pemeriksaan secara langsung. Selain pemeriksaan fisik, kemungkinan akan memerlukan pemeriksaan penunjang seperti tes kencing, tes darah, analisis cairan vagina atau nanah, dan pemeriksaan lain sesuai indikasi.

    Kencing nanah atau gonore pada wanita umumnya tidak bergejala. Gejala yang mungkin timbul pada wanita terinfeksi gonore yaitu nyeri saat buang air kecil (BAK), sering BAK, keputihan, gatal pada vagina, dan berdarah saat berhubungan seksual. Gejala juga baru bisa muncul saat gonore sudah menyebabkan komplikasi yang lain seperti kista Bartholin, abses pada tuba, atau penyakit radang panggul. Kencing nanah sering terjadi pada pria pada pagi hari. Gonore dapat diobati dengan pemberian antibiotik.

    Untuk sementara sebaiknya Anda dan pasangan tidak berhubungan seksual sampai dinyatakan sembuh oleh dokter,  tetap menjaga kebersihan area genital, dan perbanyak minum air putih.

    Untuk menambah informasi Anda bisa membaca artikel berikut:

    • https://www.alodokter.com/kista-bartholin
    • https://www.alodokter.com/gonore/gejala

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.