Tanya Dokter

  • benjolan di ketiak yang semakin membesar

  •  paul
    Anggota

    hallo dokter, sy baru pertamakali mengalami hal seperti ini, kurang lebih sudah seminggu. awalnya hnya benjolan kecil di ketiak. sebelum ad benjolan di ketiak, pernah ada bisul di daerah pinggang bagian belakang dan tmn saya menyarankan untuk memotong bawang merah dan airnya di oleskan ke daerah bisul dan 2 hari kemudian sembuh. tetapi kali ini saya mmbuat perlakuan yg sm trhdp benjolan di ketiak tdk berhasil, malah terlihat makin membesar. lalu sy cek ke puskesmas, katanya benjolan itu abses dan sy diarahkan utk ke apotk mmbeli salep pibaksin. setelah sy beli dan sy oleskan, baru 1 hari pemakaian salep. wktu sy tertidur sy tdk sdr paginya abses tsb sdh pecah. lalu sy mau brtnya tindakan apa yg harus sy lakukan?? karena pd abses trsbt masih trdapat benjolan. mohon bantuan sarannya dok, trimakasih.

    paul  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Paul, Bisul adalah salah satu contoh dari abses. Abses merupakan benjolan berisi nanah / bisul yang tidak tertangani dengan baik sehingga terjadi perluasan infeksi dan nanah semakin banyak. Abses ditangani dengan antibiotik topikal dan oral bila diperlukan. Salep pibaksin berisi mupirocin. Mupirocin adalah antibiotik topikal yang digunakan untuk mengatasi infeksi pada abses dan bisul. Sebisa mungkin abses dijaga agar tidak pecah. Bila abses sangat besar dokter mungkin akan melakukan prosedur bedah kecil untuk membersihkan nanah dalam abses. Apabila abses pecah sebaiknya Anda kontrol ke dokter yang memberi Anda salep agar bisa dilakukan perawatan dan pembersihan luka abses serta pemberian obat tambahan bila perlu. Abses yang pecah bila tidak ditangani dengan baik beresiko terjadi infeksi tambahan. Sementara menunggu ke dokter, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Cuci tangan sebelum dan setelah membersihkan luka abses
    • Bersihkan luka abses dengan cairan steril misalnya cairan infus NaCl
    • Kompres luka abses dengan kassa steril yang dibasahi cairan NaCl selama 10-15 menit
    • Keringkan dan oleskan salep antibiotik yang diberikan oleh dokter
    • Tutup luka abses dengan kassa steril
    • Ganti kassa steril 2x sehari atau bila kassa basah
    • Jika nanah masih terus keluar atau benjolan semakin membesar disertai nyeri, pembengkakan kelenjar getah bening, demam, atau ada keluhan lainnya konsultasikan pada dokter
    Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: Abses Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y