Tanya Dokter

  • Demam naik turun pada malam hari, perlukah VCT?

  •  Waluyo
    Anggota
    Dok waktu januari 9 2017 syg jajan d luar Nah saat jajan saya pakai sarung dan it pun gak sampai 10 mnit dan sperma sya tdk kluar. Dan kmren lusa saya tes vct dan hasilny non eeactive dok Pertanyaan saya? 1 apakah saya baik" saja/ tdk kenapa" dok 2.dan mengapa saya suka seperti demam pabas nya datang hilang dan panas cuma di waktu malam naik? Mohon di jawab dokter Terimakasih dok sebelumnya

    Terima kasih Waluyo atas pertanyaannya di forum Alodokter, tes VCT (Voluntary Counseling and Testing) adalah tes yang dilakukan untuk mencari tahu apakah seseorang mengalami HIV atau tidak. Tes ini dilakukan dengan pemeriksaan darah dan konseling. Dimana tes ini bekerja dalam mengecek adanya atau tidaknya antibodi terhadap virus HIV ini. Antibodi terhadap virus ini umumnya dapat terbentuk setelah 3-8 minggu pasca virus ini masuk ke tubuh seseorang. HIV ini sendiri umumnya dapat menular melalui penggunaan jarum suntik yang bersamaan, transfusi darah, atau melalui hubungan seksual. Umumnya risiko HIV ini akan berkurang ketika seseorang menggunakan kondom ketika melakukan suatu hubungan seks dengan seseorang penderita HIV. Dan pada hasil ini juga menunjukkan hasil VCT yang non reaktif yang berkemungkinan besar seseorang tidak mengalami HIV. Namun, terkadang hasil ini juga dapat menunjukkan hasil yang palsu terutama bila tes yang dilakukan masih didalam jangka waktu antara 3-8 minggu pasca virus masuk. Gejala yang ditimbulkan oleh virus HIV ini pun bervariasi dapat dimulai dengan demam yang tidak jelas, penurunan berat badan, batuk berkepanjangan, infeksi jamur, atau keadaan infeksi lainnya.

    Namun keadaan demam bukan hanya dapat ditimbulkan oleh infeksi virus HIV saja, dimana kondisi demam juga dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri maupun parasit lainnya.

    Oleh sebab itu apabila Saudara mengalami kondisi demam yang berkepanjangan ada baiknya Saudara dapat memeriksakan diri kembali ke dokter terkait guna memastikan keadaan yang Saudara alami sekarang.

    Sekian dari saya, berikut terdapat artikel seputar HIV

    dr. Christian Chandra