Tanya Dokter

  • Benjolan di leher sebelah kanan

  • Dok. Sya umur 17 Di leher sblah kanan ada benjolan. Sya baru tau, tidak sakit saat di pencet aatau di sentuh warnanya sama seperti warna kulit. Berat badan saya tidak menurun secara drastis hanya saja sulit untuk menaikan berat badan. Dan kulit wajah saya sensitiv dan cenderung mudah berjerawat. Itu gejala apa ya dok? Dan sebaiknya penangannannya bagaimana?

    Hai Sindy Benjolan pada leher yang nyeri dapat disebabkan oleh:

    • Benjolan yang berasal dari kulit dan jaringan lemak dibawahnya misal akibat kista aterom, lipoma.
    • Pembesaran kelenjar getah bening. Yang umumnya disebabkan oleh infeksi. Infeksi dapat akibat dari bakteri, virus, parasit atau jamur. Penyebab lain dari pembesaran kelenjar getah bening, adalah obat-obatan, autoimun, dan kanker.
    Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Penanganannya tergantung dari penyebabnya. Informasi dan diskusi terkait dapat Anda baca pada link berikut: Pembesaran kelenjar getah bening. Penyebab benjolan di leher. Benjolan di leher kanan bawah. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william    

    Sindy Oktaviani  Sindy Oktaviani
    Anggota

    Terimakasih dok. Saya ada keluhan lagi kadang kadang suka sesak nafas seperti udara tidak masuk dengan sempurna ke dalam paru paru. Jadi harus mengambil nafas dengan sangat dalam. Apa ini berkaitan dengan benjolan itu dok? Dan sebaiknya di periksa ke bagian apa apakah sp. Bedah atau apa ya dok. Oh ya apakah berpengaruh karna infeksi yg di timbulkan dri gigi dok? Karna sya berbehel dan gigi taring dewasa saya belum keluar. Dan adakah obat antibiotik yg sebaiknya dihindarkan?Terimakasih dokter..

    Hai Ya. Bisa saja pembesaran kelenjar getah bening akibat dari infeksi seperti dari gigi, paru-paru, tenggorok, dll. Sebaiknya Anda ke dokter umum terlebih dahulu untuk memastikan apakah benjolan tersebut, lalu bila perlu dokter umum akan melakukan rujukan pada dokter spesialis yang sesuai dengan kemungkinan penyebabnya. Semoga membantu ya. Terima kasih.